Padang (UNAND) - Fakultas Peternakan Universitas Andalas merayakan Lustrum ke 12 mengusung tema "Berinovasi, Berkarya, dan Berprestasi untuk Akselerasi Generasi Cerdas, Ramah dan Bijaksana Menuju Peternakan Unggul Indonesia 2045" yang bertempat di Convention Hall, Kampus Limau Manis pada Rabu (11/10). 

Perayaan lustrum ini juga diisi dengan Orasi Ilmiah disampaikan oleh Dr. Winda Sartika, M.Si dengan judul "Model Dinamis Rantai Pasok Daging Sapi Sebagai Bahan Baku Industri Rendang".

Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Adrizal, M.Si mengajak civitas akademika, guru besar, tenaga kependidikan, laboran, dan mahasiswa, untuk bersama-sama bersinergi, berkolaborasi dan saling bahu-membahu meningkatkan daya saing lulusan Fakultas Peternakan. 

Dikatakannya, dalam dua tahun terakhir sebanyak 42 mahasiswa mengikuti Program Pertukaran Pelajar (Credit Earning) ke beberapa PTN di Indonesia antara lain IPB, UGM, Unpad, UNS, Unsoed, dan Unhas. 

Selain itu, sebanyak delapan (8) mahasiswa inbound dari beberapa PT juga mengikuti kuliah satu semester di Faterna Universitas Andalas antara lain dari Unhas, Universitas Halu Oleo, Universitas Majalengka, Universitas Djuanda dan Universitas Boyolali. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan dalam dua tahun terakhir, Faterna menyediakan anggaran sebesar Rp. 150 juta per tahun untuk mendukung mahasiswa belajar berbisnis Peternakan dengan menggunakan fasilitas kandang di Edufarm. 

"Saat ini mahasiswa Faterna atas nama Utami Febriolanda (Angkatan 2019) sedang mengikuti Program NTCA di industri sapi potong di Darwin Australia,” ujarnya. Dikatakannya, Utami merupakan satu diantara 20 peserta asal Indonesia yang mengikuti program NTCA kerjasama dengan PB ISPI. 

Senada dengan itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas capaian dan kinerja kinerja yang telah diraih yang berdampak pada perkembangan ke depannya. 

Faterna juga merupakan fakultas terbanyak membawa mahasiswa mengikuti MBKM dalam dan luar Indonesia. "Selain itu, saya mengharapkan peningkatan jumlah Guru Besar dan Doktor terus ditingkatkan sehingga Faterna semakin bersinar," ucapnya. 

Rektor juga mengungkapkan tantangan saat ini, mau tidak mau harus memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi dan inovasi yang berpedoman kepada kebijakan sehingga para lulusan Faterna bisa bersaing di dunia kerja. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik