Padang (UNAND) – Universitas Andalas ditunjuk sebagai koordinator seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D menuturkan sebanyak 3.374 CASN mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berlangsung dari tanggal 13-15 November 2023.

Ditambahkannya, Ujian SKD ini hanya diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Ia merincikan untuk SKD CPNS sebanyak 2.881 orang, Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan sebanyak 195 orang, dan Test PPPK Teknis sebanyak 298 orang.

“Adapun lokasinya tersebar ditiga lokasi yakni Laboratorium CBT Fakultas Farmasi, Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Laboratorium CBT Fakultas Kedokteran,” ujarnya pada Senin (13/11) di Lantai IV Gedung Rektorat.

Untuk Universitas Andalas sendiri, dikatakannya tersedia formasi sebanyak 174 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan 195 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan (Nakes).

Sementara itu, Ahmad Yusaq, SE Perencana Ahli Madya Unit Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan dalam pelaksanaan ujian ini melibatkan enam institusi Pendidikan yakni Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, ISI Padang Panjang, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dan LLDIKTI Wilayah X.

“Setiap harinya terdiri dari empat sesi ujian dari pagi hingga sore, namun di hari terakhir hanya ada tiga sesi,” ujarnya. Dilanjutkannya, SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Lebih lanjut, ia mengatakan masyarakat dapat memantau berjalannya perolehan hasil peserta ujian secara langsung yang disediakan lewat tayangan layar di titik lokasi (tilok) Laboratorium CBT Fakultas Kedokteran.

Bahkan, ia mengingatkan kalau masyarakat tidak perlu repot harus menyaksikan layar di tilok karena tayangan nilai yang berjalan dapat disaksikan di manapun dan kapan pun lewat kanal youtube yang disediakan BKN, yakni Official CAT untuk instansi pusat atau kementerian.

Terkait pengumuman Hasil SKD CPNS diumumkan pada 20 - 22 November 2023, Masa Sanggah 23 - 25 November 2023, Jawab Sanggah 23 - 27 November 2023,  Pengolahan Nilai SKD CPNS Hasil Sanggah 26 - 30 November 2023, dan Pengumuman Pasca Sanggah 27 November - 2 Desember 2023.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik