Padang (UNAND) - SMA N 1 Kota Dumai dan SMA Plus Golden Madani Kota Solok mengunjunggi Universitas Andalas dalam rangka studi kampus terkait sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

Hadir sebanyak 150 siswa-siswi kelas 12 dari jurusan IPA dan IPS untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Andalas yang bertempat di Gedung E Kampus Limau Manis, pada Selasa (14/11).

Kehadiran siswa-siswi SMA N 1 Kota Dumai dan SMA Plus Golden Madani Kota Solok disambut langsung oleh Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Andalas dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, P.hD.

Ia mengatakan kepada siswa-siswi jadilah siswa yang memiliki prestasi baik bidang akademik maupun non-akademik sehingga bisa masuk di Universitas Andalas melalui jalur khusus.

“Karena dalam proses penerimaan mahasiswa baru, Universitas Andalas membuka beberapa jenis penerimaan salah satunya melalui jalur prestasi (SNBP), berdasarkan ujian tulis computer (SNBT), dan melalui jalur SIMA,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Dumai Rafles, S.Pd menyampaikan motivasi kepada siswa-siswi untuk bersemangat bisa menempuh pendidikan tinggi di Universitas Andalas.

“Kami dari pimpinan SMAN 1 Dumai berharap ada kerja sama dengan UNAND agar siswa-siswi bisa diterima melalui jalur prestasi khususnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan milikilah langkah besar dan serius dalam belajar agar lulus di jurusan yang dinginkan.

Rafles mengatakan SMAN 1 Dumai sudah masuk dalam klaster sekolah penggerak sejak tahun 2022. Materi disampaikan oleh Dr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc terkait profil dan Sejarah berdirinya Universitas Andalas.

Turut hadir wakil kepala sekolah dan guru SMA N 1 Kota Dumai dan SMA Plus Golden Madani Kota Solok. Diakhir sesi, dibuka beberapa pertanyaan kepada siswa-siswi yang bertanya tentang beasiswa, program keluar negeri, dan peluang kerja setelah menyelesaikan Pendidikan.

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND