Padang (UNAND) - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja (Raker) Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FIB se-Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (20/11/) di Hotel Truntum Padang yang dihadiri oleh para Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan penyelenggara pendidikan dan pengajaran humaniora seluruh Indonesia.

Terdapat dua agenda pokok pembahasan dalam kegiatan ini yaitu, diskusi internal konsorsium dekan FIB se-Indonesia dan rapat pengembangan kerja sama (di bidang akedemik, kemahasiswaan, dan kerja sama).

Pada agenda pertama dibahas tentang pemilihan ketua antar waktu Perkumpulan Penyelenggaran Pendidikan dan Pengajaran Humaniora (P4H). Dipimpin oleh Prof. Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum yang merupakan sekretaris P4H, Prof. Dr. Drs. Herwandi, M.Hum dipilih secara aklamasi oleh peserta rapat untuk menjadi ketua antar waktu P4H hingga tahun 2024 menggantikan Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S.,M.Hum. yang sudah memasuki masa purna tugas.

Pada agenda ini juga dibahas tentang usulan keanggotaan P4H yang akan meluaskan ruang lingkupnya tidak hanya untuk  intitusi yang menaungi Prodi humaniora saja tetapi juga Prodi vokasi dan Prodi yang relevan dengan bidang humaniora.

Selain itu, pada agenda ini juga dinyatakan bahwa draft kelayakan Lembaga Akreditasi Mandiri Bidang Humaniora (LAM HUM) sudah bersifat final. Prof. Dr. Drs. Herwandi, M.Hum juga mengimbau agar tiap anggota konsorsium dapat melibatkan dukungan asosiasi profesi untuk pembentukan LAM HUM ini.

Pada agenda kedua, topik diskusi meliputi pengembangan kerja sama (di bidang akademik, kemahasiswaan, dan kerja sama) yang berfokus pada kegiatan program pertukaran mahasiswa dan lomba mahasiswa tingkat nasional dan internasional.

Dipimpin oleh Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A, pada rapat ini dipaparkan tentang pelaksanaan PPM dan kendala yang dihadapi, salah satunya adalah jadwal pengisian KRS di masing-masing universitas yang berbeda-beda. Perbedaan ini perlu dicarikan solusi karena ada beberapa universitas yang menyaratkan 75% kehadiran yang harus dipenuhi oleh mahasiswa.

Berdasarkan kesepakatan peserta rapat, setiap universitas mengakomodir keterlambatan mahasiswa mengikuti perkuliahan 2 – 3 minggu. Dalam forum juga disepakati pelaksanaan lomba mahasiswa dua kali setahun untuk lomba tingkat Nasional dan satu kali setahun untuk lomba tingkat Internasional. Untuk pelaksanaan lomba tingkat Nasional tahun 2024 akan diselenggarakan oleh Undip dan lomba tingkat Internasional akan diselenggarakan oleh Unsoed.

Sebagai penutup, Prof. Dr. Drs. Herwandi, M.Hum menyimpulkan bahwa rapat tahunan P4H tahun 2024 akan dilaksanakan di Universitas Airlangga.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik