Padang (UNAND) – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEMKM) Universitas Andalas melalui kegiatan Andalas Lawyers Club (ALC) menghadirkan Lima Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI asal Sumatra Barat dalam upaya adu gagasan dan juga bedah visi misi.

Adapun kelima Caleg tersebut yakni Ir. Shadiq Passadique, MM, Ibrahim Irwan Prayitno, ST, Teddy Alfonso, SE, Akt, Kapten (Purn) Doni Lukman, dan Vasko Ruseimy, ST yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis, Selasa (28/11).

Dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai fakultas dan juga panelis dari dosen Universitas Andalas yaitu Dr. Ir. Beni Satria, MP (Fakultas Pertanian), Dr. Tengku Rika Valentina, SIP, MA (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan Ilhamdi Putra, SH, MH (Fakultas Hukum).

Presiden BEMKM Universitas Andalas Yodra Muspierdi mengungkapkan sekitar dari 56 persen daftar pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berasal dari generasi Z dan milineal dengan total 204 juta lebih pemilih.

“Generasi milenial merupakan sebutan untuk orang yang lahir pada 1980 hingga 1994, sedangkan generasi Z merujuk pada orang yang lahir mulai 1995 hingga 2000-an,” terang mahasiswa fakultas hukum ini.

Ditambahkannya, jika diakumulasikan, total pemilih dari kelompok generasi milenial dan generasi Z berjumlah lebih dari 113 juta pemilih. “Kedua generasi ini mendominasi Pemilu 2024, yakni sebanyak 56,45% dari total keseluruhan pemilih,” ujarnya.

Ia menuturkan sayang rasanya jikalau yang menjadi pemimpin itu tidak memiliki kapasitas, ataupun kampus tidak bisa membedah gagasannya. Harapannya setiap pemilik suara mesti paham terhadap politik karena seluruhnya tergantung dengan kebijakan politik. “Mau tidak mau harus melek terhadap politik,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkam dalam waktu dekat kegiatan ALC ini juga akan menghadirkan salah satu calon Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengapresiasi kepada BEMKM khususnya dan juga kepada narasumber yang telah bersedia hadir dalam kegiatan ini.

Menurutnya, kehadiran narasumber tentunya akan memberi kontribusi besar kepada mahasiswa terutama dalam membuka wawasan terkait dunia perpolitikan.

Prof. Mansur berharap mudah-mudahan melalui kegiatan ini mahasiswa memiliki cakrawala yang luas dalam percaturan regional dan juga nasional.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik