Padang (UNAND) – Sepanjang tahun 2023 Universitas Andalas telah meluluskan 8.231 wisudawan dengan enam kali prosesi wisuda.

Kepala Subdit Administrasi, Data & Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, M. AP menyampaikan wisuda hari ini (2/12) merupakan wisuda ke VI sebagai penutup tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis.

Ia menyebutkan untuk wisuda I Universitas Andalas meluluskan 1.210 wisudawan, Wisuda II sebanyak 1.422 wisudawan, Wisuda III 634 wisudawan, Wisuda IV 1.466 wisudawan, wisuda V 2.303 wisudawan dan hari ini sebanyak 1.196 wisudawan.

Sedangkan untuk hari ini, Asrul menyebutkan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terbanyak meluluskan wisudawan yakni sebanyak 202 mulai dari Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktoral.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada para dosen, staf, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam memberikan pendidikan terbaik kepada para wisudawan.

“Hari ini, kita saksikan bukan hanya sekelompok orang yang menerima ijazah, tetapi sebuah generasi yang memiliki potensi besar untuk mengubah dunia,” ujarnya yang baru pertama kali mewisuda mahasiswa semenjak menjadi rektor.

Ia berharap lulusan Universitas Andalas adalah agen perubahan masa depan. “Anda bukan hanya mendapatkan gelar, tetapi juga tanggung jawab untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang kalian peroleh untuk kebaikan masyarakat dan bangsa,” sambungnya.

Dikatakannya, wisudawan memiliki kemampuan untuk membuat perbedaan, untuk memberikan dampak positif dalam kehidupan orang lain. “Jadikan setiap langkah dan setiap karya sebagai upaya nyata untuk memberikan manfaat bagi sesama,” ujarnya.

Rektor yakin setiap wisudawan mampu menghadapi setiap tantangan dan menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif. “Langkah kalian hari ini adalah tonggak awal menuju perubahan besar,” tambahnya.

Ia juga berpesan dalam menjalani berbagai profesi apapun nantinya, tetaplah junjung tinggi nilai-nilai moral dan budi pekerti, menjaga integritas dan martabat diri. “Dengan itu, sesungguhnya saudara telah pula menjaga nama baik almamater Universitas Andalas yang kita banggakan ini,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik