Padang (UNAND) – Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt meminta mahasiswa untuk membangun rasa peduli antar sesama, terhadap lingkungan, dan juga terhadap persoalan yang dihadapi bangsa.

Hal itu, disampaikannya saat kegiatan subuh mubarakah bersama mahasiswa Universitas Andalas yang tinggal di Asrama pada Selasa (5/12), Masjid Nurul Ilmi.

Baginya kegiatan seperti ini merupakan upaya untuk membangun karakter mahasiswa Universitas Andalas termasuk civitas akademika. “Ini bagian dari instrument Universitas Andalas untuk mewujudkan visi dan misi menjadi universitas terkemuka dan bermartabat,” ujarnya.

Disampaikannya, tentu untuk mencapai visi tersebut dibutuhkan serangkaian program dan kegiatan salah satunya kegiatan subuh mubarakah ini.

Dikatakannya, ia juga sempat merumuskan dan terlibat Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari tahun 2013, ada satu profil awardee yang memang selalu dituntut ketika diberikan beasiswa yaitu berupa karakter.

“Karakter yang selalu harus ada di dalam diri penerima tersebut yakni peduli (care), punya rekam jejak kepedulian,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan selain pembentukan karakter ada nilai-nilai silaturrahmi dari subuh mubarakah ini. “Bangun networking selama di asrama, di kampus, ketika tinggal di tengah-tengah masyarakat, di mana dampaknya akan dirasakan dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, ST, MT memberikan siraman rohani mengenai kunci menjalani hidup tentram.

Dikatakannya, untuk berbuat baik kepada orang lain ternyata sama saja dengan berbuat baik pada diri sendiri. “Hal ini menjadi dasar bagi umat muslim untuk senantiasa memelihara kebaikan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya yang juga Dekan Fakultas Teknologi Informasi ini.

Disampaikannya, Allah SWT memberi perintah kepada umat muslim agar senantiasa berbuat baik kepada sesama, dengan demikian, kelak kebaikan pula yang akan dirasakan dan dituai.

“Jika kalian berbuat baik) dengan mengerjakan ketaatan (berarti kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri) karena sesungguhnya pahala kebaikan itu untuk diri kalian sendiri (dan jika kalian berbuat jahat) dengan menimbulkan kerusakan (maka kejahatan itu bagi diri kalian sendiri) sebagai pembalasan atas kejahatan kalian,” pungkasnya saat membacakan penafsiran surat al isra ayat 7.

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik