Padang (UNAND) – Pakar Hukum Universitas Andalas Dr. Khairul Fahmi, SH, MH terpilih sebagai salah satu panelis untuk debat perdana Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Wapres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Khairul Fahmi yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan II Fakultas Hukum ini ditetapkan bersama sepuluh panelis lainnya oleh KPU RI yakni Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Rudi Rohi dan Ahli Hukum Tata Negara UNDIP, Lita Tyesta.

Lalu, Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto, Pakar Tata Hukum Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono, Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik, Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin, Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto dan Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi.

KPU telah resmi mengumumkan jadwal debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang akan digelar sebanyak lima kali selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat capres-cawapres Pilpres 2024 diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat para calon presiden dan calon wakil presiden sekaligus juga untuk menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat.

Fahmi yang juga aktif di Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas sejak 2017. Ia juga pernah jadi Ketua Studi Hak Asasi Manusia (PUSHAM) Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 2019.

Sedangkan jurnal dan bukunya sudah puluhan. Fahmi juga terpilih menjadi penulis buku terbaik Perpustakaan Nasional (Perpusnas) 2023. Bukunya berjudul Pembatasan Hak Pilih Warga Negara terpilih menjadi karya Buku Pustaka Terbaik dengan kategori Pemilu.

“Penyelenggaraan debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12) besok,” ujar Komisioner KPU August Mellaz pada Sabtu di Kantor KPU (9/12) lalu.

Disampaikannya, seluruh panelis mulai menjalani karantina sejak Minggu (10/12) sampai hari H debat. “Para panelis itu pun akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk diajukan kepada para calon,” ujarnya.

Adapun tema debat pertama ini bakal membahas persoalan pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi. Selain itu, pembahasan juga menyinggung soal penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik