Padang (UNAND) - Fakultas Farmasi Universitas Andalas meluluskan tujuh apoteker baru angkatan I tahun 2022 yang telah diambil sumpahnya, pada Rabu (13/12).

Berlangsung di Ruang Aula Fakultas Farmasi, Wakil Dekan I Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si mengucapkan selamat kepada tujuh apoteker, bearti sejawat telah memenuhi persyaratan, dan telah sempurna metamorfosa.

“Kalau dilihat seperti kupu-kupu, silakan terbang ke seluruh pelosok tanah air, atau bahkan ke luar negeri, dengan tetap memegang teguh sumpah profesi yakni untuk kesehatan dan keselamatan manusia,” ujarnya.

Ketujuh apoteker baru tersebut yakni apt. Afriza Syopian, S. Farm, apt. Amanah Mutia Ningrum, S. Farm, apt. Fuji Hafifah, S. Farm, apt. Hikmah Dian Aljazain, S. Farm, apt. Noly Oktavia, S. Farm, apt. Priska Rahmatillah, S. Farm, dan apt. Zikra Rahmadriza, S. Farm

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker apt. Dian Permatasari, M. Farm menutukan penerimaan mahasiswa angkatan I tahun 2022 telah dilaksanakan pada periode Agustus dengan jumlah sebanyak 120 orang yang terbagi ke dalam dua kelas.

“Di mana sistem Pendidikan di profesi apoteker Universitas Andalas secara umum terbagi dalam dua tahap yakni tahap di Pendidikan di kampus dan tahap praktek profesi di luar kampus,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan untuk ujian akhir profesi apoteker terdiri dari ujian OSCE yang dilaksanakan secara luring pada 6 - 8 Juni lalu, dan ujian CBT internal pada 14 Juni 2023.

“Mahasiswa yang tidak lulus ujian internal tidak diperbolehkan mengikuti ujian sumatif UKOMNAS metoda CBT,” tambahnya.

Dalam hal ini, Dian menyampaikan IPK rata-rata lulusan apoteker Universitas Andalas pada periode ini 3,79 yang mana lulusan terbaik dengan IPK tertinggi diraih oleh Noly Oktaviana berhasil mendapatkan nilai 3,86 predikat lulus dengan pujian.

Turut hadir dalam sidang pengambilan sumpah ini Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia Dr. Clin Pharm. Apt. Dedy Almasdy, M.Si, Kadis Kesehatan Provinsi Sumatra Barat Mismaini Noor, SKM, MKM, Kepala BPOM Padang.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik