Padang (UNAND) – Dalam rangka sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024 , Universitas Andalas dikunjungi ratusan siswa dari enam sekolah di dalam dan luar Sumatra Barat.

Keenam sekolah tersebut yakni SMA 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar, SMAN 1 Baso Kabupaten Agam, SMAN 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya, MAN 2 Kabupaten Pasaman Barat dan SMAN 2 Mandau Kota Riau.

Bertempat di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis, pada Rabu (13/12) yang disambut langsung oleh Kepala Subdit Administrasi, Data dan Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, S.AP, M.A. 

Asrul menyampaikan rasa senang atas antusiasme siswa yang datang dari berbagai daerah ke Universitas Andalas dalam rangka mengenal lebih jauh terkait penerimaan mahasiswa baru.

”Universitas Andalas sejak tahun 2021 sudah berubah status menjadi PTN-BH,” ujarnya. Ia menyampaikan tahun depan InsyaAllah akan membuka Program Studi baru yakni Arsitektur, Kewirausahaan, dan Kedokteran hewan.

Dikatakannya, bagi sekolah yang ingin menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas dapat melalui mekanisme MoU pemerintah setempat mengenai bagaimana mekanisme beasiswa, penerimaan mahasiswa baru dan penerimaan jalur prestasi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Mandau Kota Duri Isra Yuliza Elfajri, S.Pd menyampaikan harapan adanya kerja sama  dengan UNAND. “Semoga kunjungan kami Universitas Andalas dapat meningkatkan motivasi siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” sambungnya.

Penyampaian materi oleh Dr. Muhammad Yusra, S. IP, MA Dosen Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tentang profil sejarah berdirinya Universitas Andalas dan jalur penerimaan mahasiswa baru.

Disampaikan Yusra, Universitas Andalas memiliki 51 program studi Sarjana, 42 Magister dan 18 program Doktor bagi siswa yang tertarik untuk melanjutkan studi.

Lebih lanjut, ia menekankan pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat sehingga potensi yang dimiliki dapat dimaksimalkan dalam dunia perkuliahan nantinya.

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND