Padang (UNAND) - Universitas Andalas sambut kunjungan Universitas Bangka Belitung (UBB) pada selasa (27/02) di Gedung Rektorat, Limau Manis, dalam rangka pendampingan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU).

Dalam proses menuju PTN BLU, Universitas Andalas diberi amanat untuk menjadi pendamping UBB. Wakil Rektor IV Universitas Andalas Henmaidi, Ph. D menuturkan pendampingan ini merupakan proses saling belajar. “Hal ini juga menjadi momen kilas balik untuk melihat bagaimana proses Universitas Andalas pada akhirnya menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH),” ujarnya.

Dikatakannya, dalam proses pendampingan Universitas Andalas telah menyiapkan berbagai bidang diantaranya bidang keuangan, bidang SDM dan IT, kemudian tim dari perencanaan dan kerja sama, serta Sekretaris Universitas terkait hukum dan tata kelola.

“Semua bidang ini siap untuk membantu hal-hal yang masih dibutuhkan UBB untuk menjadi PTN BLU yang unggul,” ungkap Henmaidi yang juga dihadiri Wakil Rektor II (Dr. Khairul Fahmi), Wakil Rektor III (Dr. Hefrizal Handra, M. Soc), Ketua LPM Universitas Andalas (Prof. Ir. Nilda Tri Putri, Ph. D).

Dr. Dwi Haryadi selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, sistem informasi dan kerja sama UBB mengatakan Pendampingan menuju BLU dimulai sejak Februari tahun 2022 dan mendapat SK status PTN BLU pada Desember 2023.

“Pendampingan ini terus berlanjut untuk membantu UBB menjalankan statusnya sebagai PTN BLU dan mendampingi merampungkan kebijakan atau pengelolaan UBB PTN BLU,” ujarnya.

Disampaikannya ada beberapa diantaranya yang masih dalm proses yaitu, Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), penyusunan/penyempurnaan peraturan pemimpin BLU, dan penyusunan anggaran keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Ia berharap dalam proses pendampingan ini UBB segara dapat menyesuaikan dengan sistem PTN BLU yang berlaku.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik