Padang (UNAND) – Universitas Andalas mewisuda 1.352 orang dari berbagai program studi, dengan jenjang diploma, sarjana, magister maupun program doktor dalam prosesi wisuda II tahun 2024.

Berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis pada Sabtu (9/3) sekaligus juga pemberian penghargaan kepada Lulusan Terbaik, Mahasiswa Berprestasi, dan Bintang Aktivis Kampus Bereputasi dari berbagai fakultas.

Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi mengemukakan hari ini bukan hanya sekedar merayakan pencapaian akademis semata, tetapi juga suatu perjalanan yang penuh dedikasi, kesabaran, dan tekad kuat.

“Keberhasilan yang diraih hari ini merupakan buah dari kerja keras, kedisiplinan, dan semangat belajar secara terus menerus,” ujarnya.

Dikatakannya, wisuda ini merupakan awal yang baru, di mana sebuah pintu gerbang terbuka lebar di depan menanti karya dan dharmabakti wisudawan. “Dunia kerja yang keras dan kompetitif menanti di luar sana,” tambahnya.

Lebih lanjut, rektor menyampaikan para wisudawan harus siap untuk bekerja keras dan pantang menyerah. “Tantangan - tantangan yang lebih besar akan menghadang, namun saya yakin wisudawan semua telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menghadapinya,” sambungnya.

Baginya, sebagai lulusan memiliki tanggung jawab besar untuk menghadapi perubahan ini dengan semangat inovasi, keberanian, dan tekad untuk terus belajar. “Universitas Andalas telah berusaha keras untuk memberikan pondasi yang kuat, namun, kemampuan untuk terus berkembang dan beradaptasi tetaplah sangat menentukan,” tuturnya.

Disampaikannya, Universitas Andalas selalu mengedepankan nilai-nilai akademis, keunggulan dan integritas. “Keunggulan bukanlah tujuan akhir, tetapi merupakan langkah awal dalam perjalanan menuju masa depan, keunggulan harus senantiasa diiringi oleh integritas yang tinggi,” terangnya.

Ia melihat para pemimpin masa depan, peneliti ulung, inovator, dan tokoh masyarakat yang akan jadi tauladan. “Saya melihat kecerahan dibalik sosok tatapan anda semua yang optimis, berbudi yang halus, idealisme yang kuat serta tekat yang membara, dengan modal itu, anda akan mampu menghadapi segala halangan dan rintangan,” ungkap rektor.

Rektor berpesan untuk terus menjadi pembelajar sepanjang hayat, teruslah mengejar pengetahuan, menjalin jejaring, dan berkolaborasi dengan sesama untuk mencapai tujuan yang lebih besar.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik