Padang (UNAND) - Di bulan ramadhan tahun 2024 ini, UNAND mengunjungi total 11 masjid/mushalla di sekitar lingkungan UNAND Kecamatan Pauh Kota Padang.

Seluruh masjid/musala yang dipilih merupakan destinasi baru yang berbeda dari safari ramadhan tahun sebelumnya. Dipimpin dan dibuka langsung oleh rektor, Tim Safari Ramadhan (TSR) bergerak pada Senin (25/3/2024) setelah sebelumnya para anggota tim berbuka puasa bersama.  

“Safari ramadhan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh UNAND, namun bukan rutinitasnya yang membuat kita hadir, namun niat dan kepedulian kita bersama terhadap lingkungan sosial di Kecamatan Pauh,” ujar rektor Dr. Efa Yonnedi.  

Pada kegiatan ini, UNAND menyalurkan bantuan sebanyak 7 juta rupiah untuk masing-masing masjid dan 5 juta rupiah untuk masing-masing musala. 11 masjid/musala tujuan safari ramadhan UNAND tahun ini antara lain: Masjid Raya Limau Manis, Masjid Istiqamah Jawa Gadut Limau Manis, Masjid Laban Koto Lua Limau Manis, Masjid Nurul Hidayah Gng. Nago Lambung Bukik Pauh V, Masjid Raya Pasar Baru Pauh V, Masjid Raya Pauh Kampung Dalam, Mushalla Al-Jadid Tabiang Limau Manis, Mushalla Zam-zam Mubarak Jln. SMP 23 Gadut Limau Manis, Mushalla Jami’aturrahmah Batu Busuk Pauh V, Mushalla Muthatahirin Koto Tuo Pauh V, serta Mushalla Al-Barkah Rimbo Panjang Batu Busuk Pauh V. 

Rektor menyebut, UNAND selama ini selalu berupaya memberikan kontribusi pada masyarakat, seperti mengirimkan relawan kepada daerah terdampak bencana alam di Turki, atau bencana banjir di Pesisir Selatan.  

“Jika yang jauh kita peduli, maka yang dekat kita juga peduli. Melalui kegiatan ini UNAND ingin berbagi dengan masyarakat sekitar UNAND, dan ungkapan kepedulian ini tidak hanya berhenti di safari ramadhan ini, namun kita berharap ke depannya keberadaan juga terus memberikan manfaat serta kontribusi yang positif,” pungkasnya. 

Camat Pauh yang hadir pada kegiatan tersebut juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada UNAND atas kontribusinya, serta menitipkan pesan yang disampaikan masyarakat sekitar kampus UNAND. 

“Kami berharap program-program pemberdayaan yang sudah dilakukan UNAND hingga saat ini, bukan hanya transfer knowledge saja, tapi sampai hilirisasi. (Misalnya) hilirisasi produk yaitu sampai packanging, branding, dan promosi. Dan harapannya juga dilakukan pemerataan di seluruh kelurahan untuk dibina,” ungkap Camat Pauh, Titin Masfetrin. 

Selain menyalurkan dana bantuan, UNAND juga menyerahkan sejumlah Al-Quran kepada masing-masing masjid/musala. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat UNAND, mulai dari rektor, wakil rektor, senat akademik universitas (SAU), majelis wali amanat (MWA), direktur rumah sakit, direktur sekolah pascasarjana, dekan-dekan, hingga sejumlah mahasiswa. (fy) 

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND