Padang Panjang (UNAND) - Tim dosen dan mahasiswa Departemen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia menggelar pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Thawalib, Padang Panjang, Sumatera Barat.

Bertempat di Aula Thawalib (1/5), Ketua Departemen Psikologi Universitas Andalas Yantri Maputra, M. Ed, Ph. D mengutarakan kegiatan ini didorong oleh kesadaran bahwa komunitas akademik perlu terhubung dengan masyarakat, bukan hanya berdiam di "menara gading."

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa, tujuannya untuk mengembangkan soft skill yang akan berguna bagi masa depan mereka.

“Kami berharap, kegiatan ini mampu menjadi proses pembelajaran untuk meningkatkan pengajaran menjadi lebih baik dengan turun ke lapangan langsung”, tutur pria yang menyelesaikan studi program doktoral di Malaysia tersebut.

Sementara itu, Buya Irwandi, pimpinan Perguruan Thawalib Padang Panjang, menyatakan konselor sebaya sebenarnya sudah menjadi bagian dari budaya Thawalib. Namun, dengan adanya kerja sama dan pelatihan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru yang bermanfaat.

Muhammad Al-Aziz, guru di Perguruan Thawalib, juga berpendapat kegiatan ini bermanfaat bagi para santri pesantren. Ia berharap kegiatan serupa dapat diadakan di pesantren-pesantren lainnya, karena dampaknya yang sangat positif.

Selaku ketua pelaksana, ia mengucapkan terima kasih kepada Departemen Psikologi Universitas Andalas dan Universiti Kebangsaan Malaysia yang telah berbagi ilmu dengan santri-santri Thawalib.

Para santri, sebagai peserta pelatihan, juga merasa senang dan memiliki kesan positif terhadap kegiatan ini. Mereka merasa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi remaja generasi Z yang kadang over thingking, sehingga membutuhkan teman yang bisa membantu dan menjadi konselor.

Salah satu peserta, Salwa berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dan melibatkan lebih banyak santri sehingga semakin banyak yang mendapatkan pengalaman serupa.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik