Padang (UNAND) - Fakultas Farmasi Universitas Andalas berhasil meluluskan 97 orang apoteker baru melalui sidang pengambilan sumpah/janji Apoteker Angkatan I tahun 2021, yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang, pada Kamis (13/10).

"Proses pembelajaran di Prodi Apoteker dilaksanakan dalam dua tahap yakni pendidikan di kampus, dimana dilaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2020 dan Standar Kompetensi Apoteker Indonesia. Setelah itu, dilakukan pula tahap praktek kerja profesi di luar kampus yang dilakukan di berbagai rumah sakit, komunitas, apotek, dan industri," papar Ketua Prodi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi, apt. Yelly Oktavia Sari, M. Pharm, Ph.

Dilaporkan pula berbagai pencapaian Fakultas Farmasi diantaranya adalah lulusan terbaik dengan IPK Tertinggi yang diraih apt. Annisa Dezura Fitriandi, S. Farm, dengan IPK 3.98.

Selain itu, diserahkan piagam penghargaan pada peraih nilai UKAI CBT Tertinggi kepada apt. Hulwa Salsabila, S.Farm, yang berhasil mendapat nilai 91,5. 

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih dari program profesi apoteker atas pelaksanaan Sumpah Apoteker, dengan jumlah lulusan yang begitu banyak dan prestasi yang membanggakan. 

Ditambahkannya keberhasilan ini menjadi catatan baik bagi Fakultas Farmasi dan UNAND sendiri. "Dilantiknya apoteker baru menjadi cerminan capaian Unand, capaian-capaian Fakultas Farmasi termasuk leading di Unand, ini dilihat dari input yang baik, output yang baik, dan outcome," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dari segi input yaitu penerimaan mahasiswa, dan output yaitu lulusan Farmasi telah terbilang baik, tinggal outcome yang baik yang menjadi tantangan. “Outcome yang dimaksud adalah bagaimana lulusan-lulusan kemudian bekerja atau membuka lapangan pekerjaan sendiri,” sambungnya.

Ditambahkannya Outcome competitiveness yang kita kejar, yaitu daya saing di pekerjaan, atau pilihan melanjutkan studi, atau lulusan bisa juga berwirausaha.

Prof. Mansyurdin mengimbau untuk semua lulusan agar mengisi Traver Study ketika telah mendapatkan pekerjaan, sehingga kampus mendapat gambaran dan data, yang dapat dimanfaatkan kembali oleh kampus.(*)

Humas dan Protokol UNAND