Rezki Rifai adalah alumni Universitas Andalas jurusan Akuntansi angkatan 97 (S-1) dan Magister Manajemen (S-2) angkatan 38, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Ia saat ini aktif berkiprah di dunia bisnis dan kepenulisan.

Gemar belajar hal-hal baru, Rezki aktif berkegiatan di organisasi semasa kuliah. Pada tahun 1998—2001, ia pernah menjabat sebagai pimpinan di AIESEC UNAND, HIMA jurusan, serta BEM di fakultasnya. Pada tahun 2020, ia juga menjadi pimpinan ketika mengenyam pendidikan magister di Fakultas Ekonomi. Selain itu, ia pun pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Student Summit di Jepang pada tahun 2022. 

Rezki mengaku, masa perkuliahan ia lewati seperti mahasiswa pada umumnya, yaitu dipenuhi dengan suka dan duka. “Dukanya, dulu (pernah di masa-masa tidak mampu) untuk beli tiket pesawat karena tiket pesawat mahal. Jadi, setiap mau pergi ke Jakarta harus naik bus”, tutur laki-laki yang sudah melanglang buana ke berbagai tempat itu. Meskipun begitu, ia selalu aktif dalam berbagai kegiatan di kampus. Salah satu pengalaman menarik yang ia alami adalah pernah menjadi satu dari dua mahasiswa yang diundang ke World Student Summit 2022 di Oita Prefecture Jepang. Ia juga menambahkan bahwa saat ia menjabat sebagai ketua HIMA MM UNAND, ia berhasil mengundang YM Duta Besar RI untuk Singapura yang dilaksanakan di Padang. 

Walaupun terbilang aktif di berbagai kegiatan, sosok yang satu ini tetap rendah hati. “S-2 saya cumlaude, S-1 saya biasa saja”, paparnya. Berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi membawa manfaat yang sangat besar menurutnya, termasuk mempunyai jejaring yang luar biasa. Belajar ekonomi baginya bukan hanya perihal hitung-hitungan dan bisnis, tapi juga tentang bagaimana membangun relasi dengan orang lain. Oleh sebab itu, tak heran apabila ia kini mendapatkan pekerjaan yang baik dan prestasi yang membanggakan. 

Rezki terpilih sebagai Juara 1 Nasional untuk kategori Writer di acara BRILIAN Talent Hunt Summit 2024. Pada acara tersebut, ada lima kategori yang dilombakan, yaitu writer, MC, fotografer, content creator, dan ceremony officer. Dari seluruh peserta di Indonesia, Rezki termasuk ke dalam 600 peserta yang lulus administrasi untuk babak penyisihan pada bulan April 2024 lalu. Ia mengaku, perjalanannya untuk memenangkan perlombaan itu cukup panjang. Ia dan para peserta lain yang sudah lolos di babak 150 besar digembleng selama dua hari sebelum akhirnya pada malam 18 Mei 2024 ia diumumkan sebagai pemenang untuk kategori Writer. 

Kiprah Rezki di dunia bisnis dapat dilihat dari perannya sebagai pengurus Ikatan Akuntan Indonesia di wilayah Sumatra Barat. Sosoknya juga terbilang akrab dengan dunia kepenulisan, terbukti ia menjadi penulis lepas di media cetak dan online, serta Humas di BRI Runner Padang dan Karambia Runner. Laki-laki yang kini bekerja di BRI RO Padang itu menyebutkan bahwa mindset penting yang harus ditanamkan supaya bisa menjadi sosok yang berprestasi adalah “selalu out of the box dan punya keyakinan untuk juara, tapi tidak jumawa”. 

Lebih lanjut, ia berpesan kepada para mahasiswa sekarang, khususnya yang baru memasuki dunia perguruan tinggi agar merampungkan pendidikan dengan kuliah yang benar. Tak hanya itu, fokus tanpa melupakan kegiatan lain, seperti bergabung dengan organisasi atau aktivitas tambahan lainnya serta memperbanyak silaturahmi adalah kunci terpenting agar kehidupan selama dan setelah perkuliahan berjalan dengan cara yang menyenangkan. 

 

Penulis: Nunung Munawaroh

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND