Universitas Andalas

Untuk Kedjajaan Bangsa

Kemahasiswaan Unand

Nyaman Menjadi Mahasiswa Unand

Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa, Universitas Andalas melalui Direktorat Kemahasiswaan memiliki berbagai program untuk pemberdayaan mahasiswa, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dengan kampus yang sangat luas, UNAND dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang kreatifitas dan aktifitas mahasiswa.

Berbagai layanan kemahasiswaan telah dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan bagi mahasiswa selama menempuh pendidikan di Universitas Andalas. Berbagai kegiatan kemahasiswaan dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa dapat menjadi alternatif aktifitas mahasiswa selain dari kegitan pembelajaran.

Layanan Asrama
Dalam memberikan pelayanan maksimal bagi mahasiswa, Universitas Andalas menyediakan layanan Asrama yang terdiri dari 9 gedung arsama. Asrama Mahasiswa Universitas Andalas di prioritaskan kepada mahasiswa baru (Semester l) yang memperoleh beasiswa KIP-Kuliah (dulunya Bidik Misi), Beasiswa Adik Papua dan juga kepada Mahasiswa Asing.
Unit Kegiatan Mahasiswa
Untuk menyalurkan hobi, kreatifitas, dan aktifitas mahasiswa, di Universitas Andalas terdapat banyak pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa, baik dalam bidang olah raga, kesenian, kepemimpinan, teknologi, maupun bidang kreatifitas lainnya. Yuk gabung UKM Unand!
Layanan Karir & Konseling
Universitas Andalas sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan mempunyai tanggung jawab moral untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan soft skill dan informasi lowongan pekerjaan yang mutakhir. Kecepatan dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu, lulusan Universitas Andalas juga diharapkan mempunyai kompetensi yang mandiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan dirinya sendiri. Pembekalan yang berupa keterampilan-keterampilan yang menunjang kompetensi lulusan melalui pelatihan yang diadakan Universitas Andalas diharapkan dapat membantu lulusan siap menghadapi persaingan di pasar kerja. Berdasarkan argumentasi tersebut di atas, Universitas Andalas perlu mendirikan sebuah lembaga yang mampu memenuhi kepentingan dan kebutuhan yang dimaksud. Pembentukan Pusat Karir (Career Center) bagi mahasiswa dan alumni adalah jawaban tepat untuk mengantisipasi tantangan ketenagakerjaan.
UPT Kewirausahaan
Dengan memperhatikan semakin sempitnya lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi maka Universitas Andalas perlu mempersiapkan mahasiswanya dengan pengetahuan kewirausahaan sehingga mereka memiliki alternatif karir dan tidak lagi berorientasi sebagai pencari kerja (job seeker) tapi bisa menjadi pencipta lapangan kerja (job creator). Melalui program-program kewirausahaan yang akan dikembangkan UPT Kewirausahaan, insya Allah UPT Kewirausahaan yakin bisa berinovasi dan bersinergi dengan pihak internal dan eksternal UNAND guna akselerasi kemajuan Unand ke depan
Intro Image
Bak kata orang bijak, apabila cinta dan kecakapan saling bekerja sama maka tunggulah sebuah karya besar.  Menjadi biasa adalah hal yang biasa, untuk...
Galeri Mahasiswa
Menjadi Bagian Unand
Ayo bergabung dengan Universitas Andalas dan persiapkan masa depanmu dengan program studi terbaik
Ayo bergabung dengan Universitas Andalas dan persiapkan masa depanmu dengan program studi terbaik