Padang (Unand) – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono yang juga Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Andalas melakukan peletakan batu pertama pembangunan taman digital sekaligus peluncuran kampus cerdas (smart campus).

 “Pembangunan taman digital ini berkat kerja sama Universitas Andalas dengan PT. Telkom, tentunya akan banyak melahirkan gebrakan baru bagi kedua institusi,” kata Menteri Trengono saat peluncuran kampus cerdas pada Minggu (21/8).

Menurutnya, kehadiran taman digital serta penerapan kampus cerdas menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas lulusan. “Melalui hal tersebut, mahasiswa dapat berkreasi membangun sesuatu yang baru, yang punya nilai manfaat besar di masa depan,” sambungnya.

Lebih lanjut, dikatakannya yang namanya kreativitas, riset dan penelitian bisa juga dilakukan lewat taman digital. Ia berharap ke depan penerapan kampus cerdas juga bisa semakin memudahkan mahasiswa dan pengajar.

"Cukup membawa laptop, dosen dan mahasiswa bisa berkomunikasi dengan baik, termasuk dalam proses perkuliahan," ujar Menteri Trenggono.

Inilah implementasi dari kampus merdeka sekaligus disiapkan dua infrastruktur, ia ingin kolaborasi ini jadi suatu model, sebab Desember 2022 nanti, ketika ke sini lagi pengerjaan taman digital dan penerapan kampus cerdas ini sudah jadi.

Pada kesempatan yang sama Rektor Yuliandri bertekad menjadikan Universitas Andalas sebagai contoh bagi universitas lain di Indonesia dalam hal kampus cerdas.

“Ke depan bagaimana Universitas Andalas menjadi kampus percontohan kampus cerdas di Indonesia. Ia menyampaikan taman digital yang berlokasi di dekat Auditorium Unand memiliki sejumlah fungsi diantaranya sarana sosialisasi antara mahasiswa.

Pada taman digital tersebut juga tersedia food court, area parkir, serta sarana belajar kewirausahaan mahasiswa. Selain itu akan ada koridor sebagai sarana interaksi sosial di antara mahasiswa.

"Ke depan Universitas Andalas sedang memasuki wilayah baru yang lebih terbuka, kompeten dan berkolaborasi dengan siapa pun untuk memajukan peradaban," kata dia.

Senada dengan itu, Teuku Muda Nata, Executive Vice President PT Telkom Indonesia mengatakan Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi pioner dalam melaksanakan smart campus. “Universitas Andalas salah satu pioner, harapan kita yang bisa menjadi role model dalam penerapan smart campus,” sebutnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Rektor III Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph. D. Menurutnya, jajaran wali amanat sebagai penginisiasi transformasi digital di Universitas Andalas.

“Wali amanat menginisiasi kampus cerdas, ini bentuk transformasi digital Universitas Andalas yang akan menjelma menjadi layanan berbasis IT,” ungkapnya. (*)

Humas dan Protokol Unand