Padang (UNAND) - PT Bank Mandiri (Persero), Tbk mengadakan acara Mandiri Edukasi 2022 yang bertajuk "Livin’ Up Your Financial"  berlangsung di kampus Universitas Andalas pada Kamis (27/10).

Senior Vice President Bank Mandiri, Nila Mayta Dwi Rihandjani, ChFC, CFP, RFP mengemukakan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa dalam hal literasi keuangan digital. “Universitas Andalas sendiri merupakan kampus ketiga dalam penyelenggaraan program kolaborasi ini, setelah Institut Teknologi Bandung dan Universitas Airlangga,” sambungnya.

Diharapkannya dengan adanya kolaborasi ini dapat memberikan insight yang lebih dalam mengenai literasi keuangan secara digital dan industri kreatif serta entrepreneurship kepada mahasiswa di Padang, khususnya di Universitas Andalas.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengatakan turut bangga menjadi bagian dari kolaborasi ini karena benefitnya sangat penting bagi mahasiswa.

“Universitas Andalas turut bangga karena merupakan salah satu dari tiga kampus yang turut dalam penyelenggaraan program kolaborasi ini, setelah Institut Teknologi Bandung dan Universitas Airlangga” ujarnya. 

Ia menyambut baik kegiatan ini, karena akan menambah wawasan mahasiswa terkait pengelolalaan dan pememilihan instrumen keuangan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

Pada materi yang disampaikan oleh Hengky Manurung, dibahas perkembangan ekonomi Indonesia dan tantangan yang akan dihadapi Indonesia dalam menghadapi resesi yang diperkirakan terjadi tahun 2023.

"Perkembangan ekonomi kita tahun ini 5,2%. Angka ini tidak sedikit, dan paling minimal tahun depan pertumbuhan ekonomi 5,0%" ujarnya.

Dammara Fajar, owner Toko Kopi Rasa dan Filosofi Wedding Organizer juga berbagi pengalamannya merintis karir menjadi seorang entrepreneur serta tips untuk menjadi seorang entrepreneur. Ia menekankan, modal bukanlah indikator utama untuk memulai sebuah usaha.

"Buka usaha itu jangan terburu-buru dan jangan ditunda-tunda. Apabila sudah ada ide bisnis dan mental sudah oke, maka modal dan waktu akan mengikuti" tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dipaparkan kepada mahasiswa yang hadir,  bahwa mengelola keuangan/financial planning ini sangat penting untuk hari tua yang lebih terjamin. Bahkan, bisa dimulai sejak usia dini.

“Mengenai mengelola keuangan sudah bisa diajarkan sejak dini pada anak," jelas Intan Permata Sari, Priority Banking Manager Bank Mandiri Outlet Prioritas Padang.(*)