Padang (UNAND) - Universitas Andalas mengirim tujuh tim untuk berkompetisi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022 yang akan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Malang, 30 November-3 Desember mendatang. 

Tujuh tim tersebut merupakan mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta (PKM-KC), Riset Eksakta (PKM-RE), dan Penerapan Iptek (PKM-PI). Ketujuhnya merupakan tim yang berhasil melaju ke tingkat nasional dari total 12 tim yang didanai UNAND. 

"Kunci untuk memenangkan perlombaan adalah team work, memperkuat kinerja team work, selama ini, team work yang mungkin masih agak kurang. Selain itu, perlu juga meningkatkan kepercayaan diri antar tim," ujar Khandra Fahmy, STP., MP., Ph.D selaku Direktur Kemahasiswaan UNAND dalam rapat persiapan kontingen UNAND ke PIMNAS 2022, Senin (28/11). 

Pada kegiatan PIMNAS mendatang, indikator penilaian yang akan dikejar oleh setiap tim yang bertanding adalah presentasi, poster, dan juga publikasi tim. Nantinya, mereka akan merebutkan medali emas, perak, dan perunggu bersama 367 tim PKM lain se-Indonesia.

Khandra menekankan nantinya pihak UNAND juga akan memberikan reward bagi para mahasiswa yang berprestasi nasional, juga kepada para dosen pembimbing PKM itu sendiri. “Kita akan berikan reward, sehingga iklim prestasi mahasiswa dapat hidup. Prestasi mahasiswa itu sendiri juga dapat membantu meningkatkan akreditasi kampus.” ujarnya.

Ketujuh tim PKM yang lolos PIMNAS 35 tahun 2022, yaitu:

  1. Asriyani Fitnaisy (PKM-PI), dengan judul “Peningkatan Kinerja UMKM Kerupuk Jengkol di Kota Padang dengan Implementasi Alat Penumbuk Jengkol Mekanis”. 
  2. Fadhil Elrizanda (PKM-KC), dengan judul “Sistem Monitoring Kandang Ayam Berbasis Computer Vision dan IoT sebagai Solusi Cepat Pendeteksian Penyakit dan Kematian Ayam Broiler”.
  3. Qolbi Al- Zikri (PKM-KC), dengan judul "Pemanfaatan Media Strip dengan Teknologi Light Dependent Resistor Berbasis Mikrokontroler”.
  4. Rezza Fiqrathul Putra (PKM-PI), dengan judul “Penerapan Teknologi Filtrasi Upflow Anaerobic pada Limbah Detergen guna Mengurangi Pemborosan Air dan Pencemaran Lingkungan Upaya Pengefisienan UMKM Laundry Halona”.
  5. Rifky Farhan Sunar (PKM-RE), dengan judul “Pembuatan Nanokomposit Hidroksiapatit/Co0,1Zn0,9Fe2O4 dengan Memanfaatkan Limbah Cangkang Kerang Pensi sebagai Sumber Caco3 untuk Remediasi Polutan dalam Air Limbah”.
  6. Salsabila Putri Khairani (PKM-RE), dengan judul “Aktivitas Antikanker dan Induksi Apoptosis Ekstrak Biji Kapulaga (Amomum Cardamomum) terhadap Kultur Sel Kanker Payudara dan Sel Kanker Servix”.
  7. Thaharah Alifa Aziz Yenuar (PKM-RE) dengan judul “Potensi Antioksidan, Antibakteri dan Sitotoksik Minyak Atsiri yang Diisolasi dari Daun Tanaman Pucuk Merah (Syzygium Oleana)”.

Humas dan Protokol UNAND