Padang (UNAND) – Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNAND adakan Lomba Kimia ke-27 Tingkat Nasional yang mengusung tema ”Contribution of Young Generation in Achieving Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030”, yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 20-22 September 2023 di Auditorium Universitas Andalas.

Terdapat enam jenis lomba serta aktivitas dalam kegiatan ini, diantaranya; LK Challenge dan Twibbon Contest, Lomba Kimia Perorangan (LK Pero), Fun Game, Lomba Cepat Tepat Kimia (LCTK), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Open Laboratory, dan Workshop.

Zaki Aiwa Putra, ketua pelaksana Lomba Kimia ke-27 mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mempromosikan Departemen Kimia kepada siswa/i SMA/MA di Indonesia dan Sumatera Barat khususnya.

"Tujuan kami menyelenggarakan acara ini adalah untuk mempromosikan Departemen Kimia agar diminati adek-adek peserta yang ingin bergabung di jurusan Kimia nantinya,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa peserta pada Lomba Kimia tahun ini berasal dari seluruh Indonesia.

“Dari data yang kami dapatkan, ada peserta dari Riau, Jambi, Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan yang paling jauh ada yang dari Pulau Sulawesi,” ujarnya.

Sementara itu Dekan FMIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, M. Eng menyemangati para peserta untuk berkompetisi dengan baik, karena para pemenang akan berkesempatan masuk UNAND melalui jalur khusus.

”Para juara yang memiliki prestasi, kalau ingin masuk ke FMIPA UNAND, kami terima dengan tangan terbuka dengan syarat memperlihatkan sertifikat juaranya,” ungkapnya.

Di akhir acara pembukaan, dilakukan penyerahan kokarde secara simbolis ke perwakilan peserta penyerahan piala bergilir juara umum dari SMAN 1 Padang ke panitia untuk dapat diperebutkan kembali.

 

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND