Padang (UNAND) – Kedutaan besar Amerika untuk Indonesia melakukan kunjungan ke Universitas Andalas pada Selasa, (19/9) di Ruang Kerja Rektor Gedung Rektorat lantai IV Kampus Limau Manis.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti dan mempererat kerja sama antara UNAND dan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika. Pihak Kedubes Amerika diwakili oleh Mercy Carrel (Spesialis Urusan Publik Regional) dan Oktiviane A. Sinaga (Seksi Urusan Publik). Sementara itu, pihak UNAND diwakili oleh Dr. Hefrizal Handra (Wakil Rektor IV), Henmaidi, Ph.D (Sekretaris Universitas), Dr. Eng. Muhammad Makky (Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset), dan Putiviola Elian Nasir, S.S., M.A (Ketua American Corner).

Mercy Carrel, Spesialis Urusan Publik Regional Kedubes Amerika menyatakan, akan ada kerja sama lanjutan antara Kedubes Amerika dan Universitas Andalas. Ia juga menegaskan, beberapa program tambahan yang disiapkan oleh pihak Kedubes Amerika untuk Universitas Andalas akan segera direalisasikan.

Ia berharap hubungan baik antara kedua belah pihak dapat terus terjaga sehingga banyak hal yang bisa dilakukan bersama untuk ke depannya. “Kami melihat Universitas Andalas merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang diyakini dapat mengenalkan bahasa dan budaya Amerika kepada khalayak ramai,” ujarnya.

Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra mengatakan kunjungan ini salah satunya membicarakan terkait dengan evaluasi terhadap pemanfaatan fasilitas yang telah diberikan kepada Universitas Andalas sehingga program-program lainnya dapat diusulkan.  

“Penekanannya pada utilisasi, artinya apakah fasilitas yang diberikan banyak digunakan, terutama oleh dosen dan mahasiswa Universitas Andalas,” ujarnya yang didampingi oleh Sekretaris Universitas dan Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset.

Lebih lanjut, ia mengatakan ke depannya Universitas Andalas berharap adanya kerja sama lain yang diantaranya dosen USA sebagai pengajar di UNAND, dosen UNAND sebagai praktisi di Perusahaan Amerika Serikat atau sebagai ahli bahasa dan penerjemah, mahasiswa UNAND melakukan MBKM di berbagai universitas di Amerika, mahasiswa dari USA lanjut kuliah di UNAND atau short term visit, riset kolaborasi dengan peneliti Amerika Serikat, publikasi ilmiah kolaborasi dengan peneliti Amerika Serikat, info research grant dari Amerika, dan rekruitmen langsung dari perusahaan yang ada di cabang Indonesia atau ASEAN.

“Kita sangat menunggu kabar baik ini, tentunya, banyak hal yang dapat kita kolaborasikan bersama nantinya,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik