Padang (UNAND) – Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) sudah menerima 12 nama dosen yang telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Rektor Universitas Andalas untuk periode 2023 hingga 2028.

Dihari terakhir pendaftaran Rabu (21/9) Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Andalas Prof. Febrin Anas Ismail mengatakan proses pendaftaran Bakal Calon Rektor (Bacalon) telah berakhir pada pukul 15.00 WIB tadi, yang dibuka semenjak awal September lalu.

Proses selanjutnya, dikatakannya yakni pemeriksaan kelengkapan bakal calon dari tanggal 21-23 September 2023. Kemudian, penetapan bakal calon rektor lolos administrasi oleh Majelis Wali Amanat (MWA) pada tanggal 29 September 2023.

Lalu, penjaringan bakal calon oleh dosen (3 Oktober 2023), penetapan bakal calon yang lolos penjaringan oleh MWA (4 Oktober 2023).

Lebih lanjut, Prof. Febrin mengatakan setelah itu dilanjutkan dengan proses penyaringan calon rektor oleh SAU (18 Oktober 2023), penetapan calon rektor oleh MWA (20 Oktober 2023).

“Kemudian pemilihan rektor oleh MWA (31 Oktober 2023), terakhir pelantikan rektor pada tanggal 24 November 2023,” ujarnya yang juga merupakan anggota MWA ini.

Berikut 12 nama yang sudah mendaftar pertama, Prof. Dr. Ir. Novizar, M.Si. merupakan Guru Besar Tetap pada Fakultas Teknologi Pertanian, yang juga menjabat sebagai Ketua Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, sebelumnya juga pernah menjabat. sebagai Wakil Dekan I, serta juga (Executive Chairman) 2013-Sekarang Asia Pacific Network for Sustainable Agriculture, Food and Energy (SAFE-Network) dan Ketua Yayasan Al Hakim Islamic Center.

Kedua, Defriman Djafri, Ph.D, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat dua periode. Bakal calon ketiga adalah Prof. Dr. dr. Afriwardi yang kini menjabat Dekan Fakultas Kedokteran. Sebelum itu, pria kelahiran Limapuluh Kota pada 21 April 1967 itu juga menjabat Dekan Fakultas Kedokteran Gigi periode 2012-2016, dan juga sebagai pengurus IDI Sumbar.

Keempat, Prof. Dr rer.soz, Nursyirwan Effendi yang kini menjabat Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Andalas, sebelumnya, Guru Besar Antropologi itu juga menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Ketua Umum Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI). 

Bakal calon kelima, Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc yang sebelumnya menjabat Dekan Fakultas Teknologi Pertanian periode 2018-2022. Saat ini, pakar pertanian itu juga menjabat Direktur Nagari Development Center (NDC), dan Wakil Ketua Umum IKA Universitas Andalas.

Keenam, Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng yang kini menjabat Wakil Rektor III, selain itu juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Infrastruktur, Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Wilayah Sumatera Barat, Majelis AKreditasi Nasional LAM Teknik, Persatuan Insinyur Indonesia, sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik.

Berikutnya, Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si, merupakan Dekan Fakultas Pertanian periode 2017-2021 yang sekarang menjabat sebagai anggota MWA Universitas Andalas serta pengurus Dewan Pusat IKA Universitas Andalas. Bakal calon kedelapan, adalah Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D. yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik yang juga Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia.

Kesembilan, Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D yang sekarang menjabat Dekan Fakultas Farmasi untuk periode kedua. serta juga sebelumnya menjadi tim ahli Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta Penyelenggara Pendidikan Akademik serta Pembukaan dan Perubahan Prodi Akademik pada Perguruan Tinggi, Kesepuluh Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sebelumnya ia juga pernah menjabat Komisaris Independen Bank Nagari 2011-2014, Komut Bank Nagari 2014-2018 dan Komut Asuransi Bangsun Askrida 2018-sekarang.

Kesebelas Dr. Charles Simabura, SH, MH yang menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO). Sebelumnya, ia juga pernah menjabat Wakil Dekan III Fakultas Hukum dan Asosiasi Pengajar Ilmu Perundang-undanngan. Selanjutnya Dr. Ing Uyung Gatot S. Dinata, MT saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) untuk periode kedua, sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik, dan Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik