Cibinong (UNAND) – Universitas Andalas turut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 yang digagas oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada 20 - 23 September 2023 di Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini, ada sembilan (9) produk inovasi dari inventor Universitas Andalas yang sangat berpotensi untuk dikomersialisasikan dan mendapat sorotan lebih dari pihak BRIN dan peserta yang berkunjung dalam kegiatan tersebut.

Kesembilan produk inovasi itu adalah Gambir Terpurifikasi, Iumi Shampoo Bar, Kanita Cream and Serum, Barya Cream and Serum, Booster Serum a-Mangostin, Zinzana Hair Tonic, Zinzana Cream and Serum, Tinta Pemilu dari Bahan Alami Gambir, dan Fito Pure.

Dr. Eng. Muhammad Makky Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas merasa senang dan turut bangga dengan adanya respon baik terhadap sembilan produk inovasi inventor dari pihak BRIN dan pengunjung.

Ia optimis tahun berikutnya akan lebih banyak membawa dan memamerkan produk inovasi dari inventor Universitas Andalas.

“Kita selalu rutin mengikuti kegiatan Inari Expo yang diadakan oleh BRIN ini setiap tahunnya dan tahun ini merupakan tahun kedua,” ujarnya.

Dikatakannya, ada sembilan produk inovasi dari dosen kita yang sangat berpotensi untuk dikomersialisasikan. Bahkan, pihak BRIN dan peserta yang datang ke stand kita juga antusias artinya sembilan produk ini adalah produk yang paling diminati.

“Kita tentu sangat senang dengan adanya sambutan hangat dari produk-produk ini dan menjadi motivasi bagi inventor yang lain untuk terus meningkatkan kualitas produknya,” terang Makky.

Sementara itu, Dr. Hefrizal Handra, Wakil Rektor IV Universitas Andalas menjelaskan, InaRI Expo adalah suatu ajang yang sangat baik untuk diikuti karena dapat memberikan ruang bagi para inventor yang ada di seluruh Indonesia untuk dapat memamerkan hasil dari riset yang dilakukan.

Lebih lanjut, ia berharap agar dosen dan mahasiswa Universitas Andalas untuk terus konsisten menghasilkan banyak produk dan karya-karya lainnya.” Dengan langkah seperti ini, masyarakat akan bisa merasakan kebermanfaatan Universitas Andalas sebagai perguruan tinggi,” tuturnya. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik