Padang (UNAND) - Hadirkan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Dr. Agusman SE, MBA yang juga merupakan alumni FEB Universitas Andalas (UNAND). Dalam Rangka Rapat Pimpinan Terbuka Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAND dan Orasi Ilmiah dengan Judul “Ekonomi Islam Menuju Indonesia Emas 2045” Pada Senin (25/09) bertempat di gedung Convention Hall UNAND Kampus Limau Manis, Padang. Pada kegiatan rapat senat terbuka ini juga dilaksanakan keynote speech dengan Dr. Agusman SE, MBA  Anggota Dewan Komisioner OJK RI dengan tema “Tantangan, Peluang, dan Strategi Industri Pembiayaan, Modal Ventura, dan Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia”.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNAND Prof. Yuliandri, SH, MH. dalam sambutannya Rektor menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap capaian kinerja Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) karena berkontribusi banyak bagi kemajuan UNAND.

“Terima kasih banyak Pak Dekan karena sudah berhasil mengubah nama Fakultas Ekonomi (Fekon) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada tahun 2021 lalu. Ini merupakan keberhasilan semua civitas akademika FEB UNAND termasuk didalamnya peran alumni seperti kehadiran keynote speech sekarang Bapak Dr. Agusman, SE, MBA yang membawa peran besar dibawah naungan OJK RI” jelasnya.

Dalam laporan sambutan Dekan FEB Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, CA, CRGP mengatakan Sejarah pendirian FEB dari tahun 1957 yang dulu Bernama Perguruan Tinggi Ekonomi kemudian tahun 1961 resmi berganti nama menjadi Fakultas Ekonomi dan berkat keberhasilan civitas akademika FEB UNAND ditahun 2022 kita berhasil memperbarui nama lagi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Perayaan Dies Natalis ke-66 semata-mata berkat capaian kita semua bukan capaian oleh pimpinan saja akan tetapi capaian kita semua secara Bersama” ucapnya.

Pada rangkaian Dies Natalis FEB UNAND ke-66 ini mengangkat tema “Inovasi, Kepeduliaan, dan Keberlanjutan” sebagai bentuk berbagai inovasi yang telah kita lakukan selama tiga tahun ini diberbagai aspek.

“Salah satu bentuk nyata kehadiran FEB ini khususnya dalam bidang akademik kita sudah membuka beberapa program studi baru, yaitu S1 Ekonomi Islam, S1 Kewirausahaan dan S3 Akuntansi” ujarnya.

Untuk itu, dalam satu tahun terakhir, FEB UNAND telah melakukan lompatan perubahan status yang sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada tahun 2021 lalu.

Selanjutnya, bukan hanya soal capaian prodi baru akan tetapi juga beberapa akreditasi jurusan yang sudah menjadi akreditasi internasional, diantaranya ada tiga prodi S1 akreditasi Internasional FIBAA dan dua prodi S2 BAN PT/LAMEMBA Peringkat A/Unggul.

tentu saja juga dari sisi jumlah sitasi FEB menjadi Fakultas jumlah sitasi terbanyak di UNAND. ”dari jumlah sitasi scopus berjumlah 966 sitasi dan dari google scholar berjumlah 15.793 sitasi. Disamping itu, juga merupakan fakultas penyumbang Indikator Kinerja Utama (IKU) 5 Top Nasional terutama untuk HKI MBKM.

Terakhir, capaian kerjasama dengan Alumni yang sudah berjasa memberikan beasiswa IKAFE kepada 16 mahasiswa non KIP dan memberikan pelatihan sertifikasi profesi kepada 40 mahasiswa.

Kemudian, diakhir sesi  adanya pengumuman achievement award FEB UNAND tahun 2023 kepada dosen berprestasi, tendik berprestasi, mahasiswa berprestasi, dan dosen purnabakti tahun 2023. daftar dosen berprestasi; Dr. Yulia Anas, SE, M.Si atas kontribusinya dalam bidang publikasi dan kerjasama pendidikan. Dr. Asniati, SE, MBA berkontribusi bidang publikasi dan penjaminan mutu dan akreditasi program studi. Prof. Dr. Donard Games, SE, M.Bus berkontribusi dalam bidang penelitian kewirausahaan dan raihan guru besar relatif muda. Dr. Yindrizal, SE, MM atas kontribusinya dalam bidang pengajaran dan produktivitas.

Kemudian tendik berprestasi; Rina Erlina, SE dan Fatwa Arif, SE. Lanjut mahasiswa berprestasi Syafiqa Feliciani dan Giffari Ibnu Toriq Bidang penalaran, bidang seni dan kreatif Muhammad Faiz Abrar, bidang olahraga Muhammad Ihsan, bidang keagamaan Muhammad Farid Ikbal.

Turut hadir Rektor, Dekan se-lingkungan Unand, Wakil Dekan, Anggota Senat Fakultas dan Pimpinan FEB UNAND, yang mewakili Gubernur Sumbar Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Prof. Werry Darta Taifur, Andra Saptra Kepala Departemen Pengawasan Perusahaan Pembiayaan dan Modal Ventura OJK, Bapak Untung Santoso Kepala Kantor OJK Prov. Sumbar dan tamu undangan lainnya.

Humas, Protokol dan Layanan Informasi Publik UNAND