Padang (UNAND) – Universitas Andalas mengukuhkan tiga guru besar tetap dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknik (FT) pada Selasa (26/9) di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis, Padang.

Pengukuhan ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan oleh Ketua Dewan Profesor Prof. Apt. Marlina yang disaksikan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH.

Ketiga Guru Besar ini dua dari FT dan satu dari FK yakni Prof. Ikhwana Elfitri M,T., Ph.D, (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknik Telekomunikasi), Prof. Dr. Eng. Febrin Anas Ismail, M.T (Guru Besar Tetap Dalam Bidang Ilmu Mekanika Teknik dan Rekayasa Struktur), serta Prof. Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp.N(K) (Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Neurologi).

Prof. Ikhwana Elfitri M,T., Ph.D, menyampaikan orasi ilmiah mengenai “Transformasi Digital Pada Teknologi Pengolahan Suara: Tinjauan Dalam Usaha Peningkatan Kualitas”. Lalu Prof. Dr. Eng. Febrin Anas Ismail, M.T memaparkan terkait “Local Wisdom Dalam Mitigasi Bencana Studi Kasus: Rumah Masyarakat di Minangkabau”.

Kemudian, Prof. Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp.N(K) menyampaikan “Mengenal Fungsi Kognitif Terkait Usia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup”.

Rektor UNAND Prof. Dr. Yuliandri, MH mengemukakan pengukuhan guru besar ini merupakan momentum spesial yang patut disyukuri, sebab tiga dosen Universitas Andalas dengan jabatan akademik tertinggi sebagai guru besar telah dikukuhkan.

Melalui pengukuhan ini, dikatakannya pengukuhan guru besar perlu direnungkan bahwa pencapaian gelar profesor hendaknya tidak mengubah jati diri kita sebagai ilmuwan.

”Jabatan guru besar membuat kita makin merunduk dan tawadhu. Kerendahan hati adalah buah dari ketinggian ilmu seorang anak manusia. Sejalan dengan itu, integritas pribadi yang unggul pun harus menyertainya sebagai pagar dari semua aktifitas keilmuan yang dilakukan, oleh Kita semua sebagai insan akademik” ucapnya.

Ia berharap para guru besar terus mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk kemajuan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, serta terus berkarya mewujudkan cita-cita menjadikan Universitas Andalas sebagai universitas yang menebar manfaat bagi kejayaan bangsa.

Turut hadir Rektor Universitas Baiturrahmah Prof. Musliar Kasim, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Afrineldi, S.H, Dekan se-lingkungan UNAND, keluarga, kolega, alumni, dan tamu undangan lainnya.

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND