Padang (UNAND) - Menjelang dilaksanakannya prosesi Wisuda V tahun 2023, Universitas Andalas membekali para calon wisudawan/wati dengan pembekalan karir kerja sama antara Pusat Karir UNAND dengan XL Future Leaders pada Rabu (27/9) di Auditorium UNAND.

Pembekalan ini dihadiri oleh lebih dari 2000 calon wisudawan/wati UNAND pada periode V ini yang menjadi jumlah terbesar sepanjang tahun 2023. Bertemakan “How Your Additional Skill Affect Your Opportunity to Get a Job”, pembekalan ini juga turut diisi dengan sosialisasi Tracer Study, sebuah program survey untuk para lulusan UNAND.

Data dari tracer study UNAND, menunjukkan bahwa kendala paling umum yang dialami lulusan adalah tidak adanya pengalaman kerja. Oleh karena itu, Pusat Karir UNAND telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keterserapan lulusan pada lapangan kerja dengan melakukan berbagai rekrutmen (salah satunya rekrutmen tertutup PLN di UNAND yang berlangsung hingga 27 September), rangkaian webinar dan workshop, konseling karir, hingga pembekalan seperti saat ini.

“Kantor pusat karir terbuka untuk mahasiswa dan alumni untuk bisa berdiskusi, bisa konseling tentang persiapan masuk dunia kerja, jadi jangan sungkan-sungkan untuk diskusi, berbagi, dan konseling. Bahkan bagi yang sudah sukses juga kita harapkan berbagi dengan kita, dengan adik-adik mahasiswa, sehingga lebih bermanfaat,” ujar Kasubdit Pengembangan Kreatifitas Mahasiswa, Prof. Meifal Rusli.

Pada kegiatan ini, Hana Evangelia dan Dwi Kartika Sari hadir sebagai pemateri yang membahas berbagai hal, mulai dari pembentukan mindset dan motivasi, cara-cara menambah skill untuk menembus pekerjaan impian, tips melamar pekerjaan, menulis CV, hingga menyusun personal branding untuk meningkatkan kualitas dan value para lulusan.

Wisuda V sendiri akan dilaksanakan pada Sabtu, 30 September 2023 di Auditorium UNAND dan diestimasikan akan dihadiri sekitar 7000 orang dan menjadi perhelatan terbesar wisuda pada tahun ini.

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND.