Padang (UNAND) - Sejumlah pimpinan fakultas dan prodi Fakultas Pertanian dilantik oleh Dekan pada Selasa (07/10/2024). Mereka adalah ketua dan sekretaris Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan Kampus III Dharmasraya, ketua dan sekretaris Prodi Agroteknologi Departemen Agronomi, ketua dan sekretaris Magister Ilmu Tanah, ketua prodi Proteksi Tanaman, ketua prodi S2 Proteksi Tanaman, serta ketua dan sekretaris prodi S2 Ekonomi Pertanian.

Dalam agenda ini, pejabat baru diangkat dan diambil sumpahnya untuk memangku jabatan hingga tahun 2029 mendatang.

Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Indra Dwipa, M. S mengharapkan pejabat-pejabat baru yang dilantik dapat berkontribusi secara maksimal pada proses pendidikan di Fakultas Pertanian, karena mereka sangat berpengaruh pada akreditasi prodi maupun fakultas. Salah satunya adalah melalui dorongan dan dukungan bagi mahasiswa pertanian agar lulus tepat waktu.

“Berdasarkan data di UNAND kemarin, rumpun keilmuan yang mahasiswanya rata-rata lulus tepat waktu baru fakultas-fakultas yang terakreditasi LAM-PTKES, atau yang dari bidang medis, seperti kedokteran atau farmasi. Kita ingin dorong mahasiswa pertanian juga bisa, dengan kita rancang bagaimana supaya mahasiswa sudah bisa seminar hasil di semester 6. Kita menargetkan supaya mahasiswa yang lulus tepat waktu itu mencapai 70% dari setiap angkatan,” paparnya. Maka, target tersebut menjadi PR tiap-tiap prodi untuk mewujudkannya, katanya.

Beliau juga mendoakan agar setiap pimpinan prodi yang dilantik dapat mengemban amanah sebaik-baiknya. Pelantikan oleh dekan di fakultas sendiri dilaksanakan sejak tahun 2024, dimana peraturan rektor baru memperbolehkan setiap dekan untuk melantik pejabat di fakultas masing-masing.

Selain Dekan, hadir pula Wakil Dekan I Dr. Ir. Agustian dan Wakil Dekan II Dr. Ujang Khairul, yang juga bertindak sebagai saksi bersama Eriyanty, S.H dalam penandatanganan berita acara sumpah jabatan. Dekan juga menyerahkan piagam penghargaan untuk 5 orang pejabat lama atas kontribusinya selama memangku jabatan di Fakultas Pertanian. (fy)

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik