Padang (UNAND) – Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas merayakan hari jadinya yang ke-61 di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis, pada Rabu (9/10) dengan mengusung tema “Berinovasi, Bersinergi, Berakselerasi untuk Membangun Masa Depan Peternakan yang Berdaya Saing.”.

Acara ini dihadiri oleh segenap civitas akademika, alumni, serta para mitra industri yang turut serta dalam merayakan perjalanan dan kontribusi Faterna bagi dunia peternakan Indonesia.

Rektor Universitas Andalas, Efa Yonnedi, Ph.D., menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh civitas akademika Faterna atas dedikasi dan kerja kerasnya. “Selama 61 tahun, Faterna telah mencatat berbagai prestasi dan kontribusi yang nyata, termasuk menghasilkan alumni-alumni hebat yang kini berkiprah di berbagai bidang, mulai dari Wakil Menteri Investasi hingga anggota DPR RI, serta berperan penting di dunia usaha dan dunia industri,” ucapnya.

Rektor juga menyoroti relevansi Faterna dalam mendukung dua agenda utama pemerintahan mendatang, yakni ketahanan pangan dan penyediaan makanan bergizi. Ia mengungkapkan harapannya agar Faterna dapat berperan penting dalam mewujudkan food security melalui penerapan precision farming yang berkelanjutan.

Menurutnya, Faterna juga memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam white revolution, yaitu revolusi produksi susu untuk kebutuhan generasi muda Indonesia.

Dr. Ely Vebriyanti, S.Pt, MP., dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “BIOURIN: Solusi Pemanfaatan Limbah Ternak sebagai Pupuk Organik dan Peluang Usaha dalam Peternakan,” menjelaskan tentang inovasi penggunaan limbah ternak sebagai pupuk organik yang ramah lingkungan.

Konsep BIOURIN yang disampaikannya memberikan solusi praktis bagi industri peternakan dalam mengelola limbah sekaligus membuka peluang usaha baru bagi masyarakat.

Senada dengan itu, Dekan Prof. Mardiati Zain, menambahkan Faterna ke depannya akan memperkuat program-program strategis, seperti pengembangan keterampilan kewirausahaan mahasiswa, penelitian kolaboratif, serta program makan gratis bergizi sebagai bentuk kontribusi terhadap peningkatan kecerdasan generasi penerus bangsa.

“Program ini tidak hanya bermanfaat bagi civitas akademika Faterna, tetapi juga bagi masyarakat luas. Kami berkomitmen untuk terus mendukung sektor peternakan di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan alumni dalam pengembangan Fakultas Peternakan. Menurutnya, alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan fakultas, dan diharapkan mereka dapat terus memberikan kontribusi dan menjalin hubungan yang erat dengan fakultas dalam berbagai program pengembangan.

Sejalan dengan tema dies natalis tahun ini, Prof. Mardiati mengajak para mitra industri untuk berkolaborasi dengan Fakultas Peternakan dalam tridharma perguruan tinggi. Dengan semangat sinergi dan inovasi, Faterna berkomitmen untuk terus maju dan berkontribusi bagi pembangunan sektor peternakan di Indonesia, serta siap menghadapi tantangan masa depan dengan penuh optimisme.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik