Padang (UNAND) - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas menggelar acara Baralek Gadang dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-12 yang berlangsung di Convention Hall Kampus Limau Manis dengan meriah dan penuh suasana kekeluargaan.

Dekan FKG Universitas Andalas Dr. drg. Aida Fitriana, M.Biomed, menyampaikan perayaan tahun ini ditujukan sepenuhnya untuk internal fakultas. "Dies Natalis ini kami dedikasikan dari dan untuk seluruh keluarga besar FKG. Oleh karena itu, rapat senat terbuka ditiadakan," ungkapnya.

Tema perayaan, "Salangkah Kamuko, Basamo-Samo, Untuak FKG Sajuta Cito," mencerminkan semangat kebersamaan dan komitmen untuk membangun fakultas dengan visi yang besar.

Dekan juga menekankan pentingnya pencapaian yang telah diraih FKG di usia yang masih muda ini. "Kami bangga di usia 12 tahun, FKG telah berhasil meraih akreditasi unggul, ini merupakan pencapaian yang patut diapresiasi," tambahnya.

Acara Dies Natalis juga diisi dengan orasi ilmiah oleh Dr. drg. Aida Fitriana, yang mempresentasikan hasil penelitiannya berjudul "Pengaruh Pemberian Nanohidroksiapatit Terhadap Kadar Alkalin Fosfatase, Osteokalsin, dan Osteopontin pada Remodeling Alveolar Selama Perawatan Ortodonti”.

Orasi ilmiah ini memberikan wawasan mendalam tentang peran material nanoteknologi dalam mendukung proses perawatan ortodonti, khususnya dalam remodeling tulang alveolar.

Puncak acara ditandai dengan pemotongan kue sebagai simbol peringatan hari lahirnya FKG yang ke-12, diikuti dengan pemberian penghargaan kepada civitas akademika berprestasi sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka bagi perkembangan fakultas.

Setelah rangkaian acara formal, kemeriahan dilanjutkan dengan hiburan dari mahasiswa dari setiap angkatan, yang turut memeriahkan suasana Baralek Gadang dengan penampilan seni dan kreativitas mereka.

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik