Padang (UNAND) – Universitas Andalas melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan RSUD Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada Selasa (22/10) di Ruang Rapat Akademik Kampus Limau Manis.

Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA., menyambut baik kedatangan para tamu dari pihak Natuna beserta jajarannya. Ia menegaskan kerja sama ini sudah lama terjalin, yang berfokus pada pelayanan Kesehatan.

“Kami dari pihak Universitas Andalas merasa beruntung, bukan tanda kutip finansial, melainkan kesempatan bagi para Residen yang kita kirim ke sana memperoleh pengalaman serta kemandirian dan harapannya kerja sama ini akan terus berlanjut,” ucap Prof. Afriwardi.

Selain menjadi ajang silaturahmi, kerja sama ini menegaskan komitmen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dalam memberikan pelayanan terbaik dan mendukung perkembangan SDM, khususnya di wilayah Natuna. “Kami menekankan pentingnya standar kompetensi yang sama bagi SDM untuk melayani masyarakat,” tambahnya.

Senada dengan itu, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Dr. Eng Muhammad Makky, turut menyampaikan pandangannya terkait peran strategis Universitas Andalas dalam mendukung pembangunan Kesehatan di Indonesia, sesuai dengan 3 pilar utama yakni pangan dan pertanian, Kesehatan dan obat-obatan, serta teknologi dan kebencanaan.

“Berkaitan dengan kerja sama dibidang Kesehatan, salah satu hasil riset Universitas Andalas bidang kesehatan berhasil tampil di e-catalog PT Crown,” ucap Makky.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat, mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak Universitas Andalas dengan adanya kerja sama ini, “kami merasa beruntung karena sulitnya mencari dokter spesialis yang menetap di sana, di samping itu kita juga berharap adanya program afirmasi terkait dengan dokter umum,” ucap Hikmat.

Penandatangan Mou dan PKS ini dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Prof. Dr. dr. Afriwardi, SH, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Dr. Eng Muhammad Makky, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah, SKM, Direktur RSUD Natuna, dr. Ari Fajarudin. (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik