Padang (UNAND) - Universitas Andalas (UNAND) resmi jalin kerjasama dengan Universitas Tadulako (UNTAD) Palu, dengan penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Ruang Rektor Kampus Limau Manis pada Rabu (7/12).

Kerja sama yang dilakukan terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pengajaran dan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kerja sama ini akan memayungi berbagai program yang akan dilakukan dari seluruh fakultas, baik yang ada di UNAND maupun di UNTAD.

“MoU ini mewakili (kerja sama) untuk semua fakultas. Khusus untuk fakultas peternakan, kita (menargetkan) kolaborasi pada riset, kolaborasi kuliah antar mahasiswa, pertukaran bahan ajar, pertukaran mahasiswa, magang mandiri, hingga seminar bersama,” ujar Koordinator Prodi Peternakan UNTAD, Dr. Ir. Ummiani Hatta, S.Pt M.P.

Melalui kerjasama ini, beliau juga berharap agar indikator kinerja (IKU) dari kedua universitas semakin meningkat.

UNAND sendiri terus menyusun strategi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerja sama dengan pihak lain, baik dari perguruan tinggi lain, pihak pemerintah, hingga dunia industri. Kerja sama tersebut dilaksanakan dengan beberapa prinsip, seperti yang dijelaskan oleh Direktur Kerjasama dan Hilirisasi Riset, Dr. Eng. Muhammad Makky, S.TP, M.Si. 

“Kerja sama kita laksanakan dengan prinsip proaktif, promotif, produktif, profesional, prominent, dan tentunya profitable,” pungkasnya.

Sebelum penandatanganan nota kesepahaman ini, pihak UNTAD beberapa kali menyambangi UNAND dalam rangka menjalin silaturahmi dan pengembangan institusi, seperti pada November 2017 yang mengunjungi Fakultas Kedokteran, dan yang terbaru pada Oktober 2022 ke Sekolah Pascasarjana UNAND. (*)

Humas dan Protokol UNAND