Padang (UNAND) - Universitas Andalas mengukuhkan dua guru besar pada Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis, pada Senin (30/1).

Dua guru besar yang dikukuhkan itu yakni Prof. Dr. Eng Ir. Rendy Thamrin, ST, MT, dan Prof. Elsa Eka Putri, ST, MSc (Eng), Ph.D sebagai Guru Besar Tetap Dalam Bidang Ilmu Teknik Sipil pada Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Pemasangan kalung kehormatan dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Profesor Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Helmi, M.Sc yang didampingi oleh Rektor Prof. Dr. Yuliandri, SH.,MH, Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Syafrizal sy, Sekretaris Dewan Profesor Prof. Dr. Erwin, M.Si, dan Dekan Fakultas Teknik Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D.

Dalam pengukuhan, Prof Rendy menyampaikan orasi ilmiah berjudul 'Mempertahankan Kinerja Berkelanjutan Struktur Beton Bertulang dengan Advanced Material'. Ada pun Prof Elsa menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul 'Penggunaan Aditif Pada Pengerasan Jalan'.

Prof. Yuliandri mengucapkan selamat kepada dua guru besar Fakultas Teknik yang baru dikukuhkan. Disampaikannya seorang guru besar merupakan orang menjalankan peran secara bersamaan yakni sebagai guru dan juga sebagai dosen sekaligus peneliti.

Lebih lanjut, ia menyampaikan guru besar bukanlah akhir dari pencapaian karir sebagai dosen namun justru berkosekuensi terhadap munculnya ladang pengabdian baru yang mesti dijalankan.

Ia berpesan agar kedua guru besar yang dikukuhkan untuk mendedikasikan ilmu dan waktunya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan juga kemajuan institusi.

Sementara itu, Prof. Helmi mengatakan pengukuhan dan orasi ilmiah guru besar ini menjadi salah satu media untuk menyebarluaskan temuan-temuan dan gagasan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan memberikan pencerahan ke masyarakat.

"Dari kegiatan ini, kami juga berharap inovasi-inovasi dan paten yang telah didapatkan, kemudian dapat ditindaklanjuti dan dikomersialisasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara lebih luas," harapnya.(*)

Humas dan Protokol UNAND