Padang (UNAND) - Universitas Andalas sambut hangat kedatangan rombongan Prince of Songkla University, Thailand, pada Rabu (15/2) di Ruang Sidang Senat gedung rektorat lantai 4 kampus Limau Manis.

Kedatangan jajaran Prince of Songkla University ini adalah untuk mengeksplor potensi kolaborasi dan menjalin hubungan kerja sama antara kedua institusi.

Rektor Yuliandri menyebutkan Universitas Andalas menerima dengan tangan terbuka rencana-rencana kolaborasi dari berbagai perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi dari negara lain khususnya negara-negara tetangga.

Menurutnya, kolaborasi dan kerja sama akan meningkatkan kemajuan kedua belah pihak. “Bagi kami, kerja sama akan menguatkan masa depan akademik dan juga merupakan sebuah support bagi kami,” ujar Rektor.

Sementara itu, President of Prince of Songkla University, Prof. Dr. Niwat Keawrpradub juga menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan UNAND. disampaikannya, beberapa program yang potensial untuk dikolaborasikan seperti pada bidang medis atau engineering. 

“Kami harap kita bisa mengetahui lebih banyak informasi sehingga membuka potensi kerja sama yang lebih luas. We should create something together,” ucapnya.

Dalam acara ini, dibahas mengenai rencana join research atau riset bersama, kesempatan pertukaran mahasiswa antara kedua perguruan tinggi, kesempatan untuk program studi lanjutan (magister dan PhD), hingga tawaran beasiswa pendidikan.

Prince of Songkla University (PSU) sendiri merupakan kampus tertua di southern Thailand, yang berdiri sejak 1967. Memiliki empat lokasi kampus dan merupakan top 10 comprehensive universities in Thailand berdasarkan Quacquarelli Symonds' ranking.

Di akhir pertemuan tersebut, UNAND dan PSU juga membahas mengenai MoU yang ke depannya akan menjadi nota bukti kesepahaman antara kedua kampus.(*)

Humas dan Protokol UNAND