Thailand (UNAND) – Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas berhasil meraih medali perak pada Inventor’s day yang berlangsung pada tanggal 2-6 Februari 2023 lalu di Bangkok International Trade and Exhibition Center, Bangkok, Thailand.

Negara Thailand menetapkan tanggal 2 Februari sebagai Hari Inovasi Nasional dengan puncak peringatan Hari Inovasi Nasional Thailand, National Research Council of Thailand menyelenggarakan kegiatan Thailand Inventor's Day - Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 2023.

Pada tahun ini kegiatan tersebut diikuti oleh 469 peserta dari 24 negara dan dalam kegiatan ini, 5 mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Andalas berhasil meraih medali perak melalui inovasi Bricks-19.

Kelima mahasiswa tersebut terdiri dari Khairun Nisa Pulungan (HI 22), Muthmainnah Nur Afifah (HI 22), Dhita Noviana (HI 22), Indriani Ratu Kendedes (HI 22), dan Intan Permata Adi Putri (HI 22) dan dosen pembimbing Dr. Muhammad Yusra, MA.

Khairun Nisa mengatakan Investor’s day merupakan ajang untuk menunjukkan berbagai macam inovasi mahasiswa di tingkat internasional yang diikuti oleh 24 negara dengan hasil karya 469.

Selain itu, Nisa menjelaskan Bricks-19 ini merupakan produk batu bata yang terbuat dari limbah masker sekali pakai. “Produk tersebut tercipta sebagai upaya untuk mengurangi penumpukan limbah masker sekali pakai terutama setelah adanya pandemi COVID-19,” ujarnya pada Jumat (17/2) melalui humas.

Khandra Fahmi, Ph. D Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada kelima mahasiswa HI yang telah mengharumkan almamater di awal tahun ini pada acara Inventor’s day Thailand.

Ia berharap ini menjadi pemacu semangat bagi mahasiswa yang lain untuk memunculkan inovasi-inovasinya dan mengikuti ajang seperti ini baik ditingkat nasional maupun internasional.(*)

Humas dan Protokol UNAND