Padang (UNAND) – Drs. Yasmon, M.L.S, alumnus Universitas Andalas Angkatan 1987 terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Sastra Inggris (Sasing) setelah Musyawarah Besar pada (4/3) lalu untuk periode 2023-2027.

Yasmon merupakan Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Dirjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Ketua IKA Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Hidayat S.S, M. Hum mengungkapkan Mubes ini dihadiri oleh lebih 50 orang yang terdiri atas wakil angkatan dan peninjau.

Ia merasa prihatin karena Sasing Universitas Andalas yang satu-satunya belum memiliki organisasi ikatan alumni padahal prodi ini dikenal sangat bergengsi dibanding prodi-prodi lain.

Dikatakannya berdasarkan hasil syarat dan ketentuan kandidat ketua umum yang ditepatkan panitia pemilihan, hanya 2 kandidat yang memenuhi syarat dan berhasil ditetapkan yaitu Drs. Yasmon, M.L.S dengan no urut 1 dan Dr. Sailal Arimi, M.Hum dengan nomor urut 2. “Sementara bakal calon a.n Sdr Michael Davincy (Angkatan 2001) gugur karena tidak lolos screening Panitia Perwakilan Alumni,” sambungnya.

Hidayat menuturkan dengan terpilihnya Ketua Umum IKA Sastra Inggris FIB Universitas Andalas menjawab harapan banyak alumni agar ada wadah yang dapat dijadikan media untuk meningkatkan dan mengembangkan almamater. 

Pimpinan Sidang Mubes Dr. Dian Rianita, MA menyampaikan dengan proses yang dijalani melalui musyawarah dan mufakat, maka di sini tidak ada yang menang dan yang kalah. "Yang ada adalah semua menang, termasuk panitia dan perwakilan serta kita semua yang pada akhirnya sama-sama bisa berjalan beriringan dengan langkah tegak," ujarnya. 

Sementara itu, Kaprodi Sasing Universitas Andalas Novalinda, SS, M. Hum juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada ketua terpilih dan terima kasih kepada semua peserta Mubes dengan telah berlangsungnya kegiatan ini.

Ia juga berharap semoga ketua terpilih berjaya membawa panji-panji IKA SASING Universitas Andalas serta mampu menjadi perekat silaturahmi antar alumni. (*)

Humas dan Protokol UNAND