Solok (UNAND) – Memasuki malam kedelapan di bulan puasa, Tim Safari Ramadan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengunjungi masjid Raya Koto Baru Solok yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D pada Rabu (29/3).

Wakil Rektor III yang didampingi Ketua LKAAM Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si dan beberapa Kepala OPD itu menyerahkan bantuan Pemprov untuk pembangunan Mesjid Raya Koto Baru sebesar Rp. 50 juta yang diterima langsung oleh Pengurus Mesjid. 

Ia berharap dengan bantuan pemerintah provinsi ini dapat digunakan untuk pembangunan masjid raya yang akan memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam meningkatkan kualitas keislaman dan akhlakul karimah serta masyarakat Koto Baru yang sejahtera.

Dalam Tim Safari Ramadhan ini terdapat Kepala BPKP Sumbar Desi Adin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Capil Sumbar Yul Fina, Rektor UNES Mahmud M. Bara, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Yayat Wahyudi, Biro Kesra Gusdi Harkin. S.H dan Syamsuir. S.Sos serta penceramah Dr. Wakidul Kohar.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan kerja baik itu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, harus dikerjakan secara bersama-sama baik itu pemerintah, perguruan tinggi, dan juga masyarakat.

Ia juga mengundang Ketua pengurus masjid dan Wali Nagari ke Universitas Andalas untuk memusyawarahkan kebersamaan. “Ini juga bukti nyata untuk kemajuan masyarakat tidak bisa dikerjakan sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pengembangan suatu daerah tidak lepas dari pendidikan perguruan tinggi. Karena itu, pemerintah daerah dengan perguruan tinggi sesungguhnya mempunyai hubungan yang sifatnya saling membutuhkan. 

Menurutnya, pemerintah daerah membutuhkan perguruan tinggi agar dapat membantu dalam mencarikan solusi-solusi dalam pengembangan di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Kemudian, dilanjutkannya perguruan tinggi juga dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesenjangan yang ada di masyarakat.(*)

Humas dan Protokol UNAND