Padang (UNAND) - Refa Rahmaddiansyah mahasiswa Program Studi (Prodi) Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil menjadi salah satu pemenang dalam The 9th Pulmonary Update 2023.

Kegiatan ini merupakan kegiatan ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh Bagian Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada pada (19/3) lalu.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke sembilan dengan tema “Advancing Management of Pulmonary Disease to the Next Level” secara daring melalui aplikasi video conference.

Refa yang juga mahasiswa berprestasi Universitas Andalas dan Nasional pada tahun 2021 itu berhasil keluar sebagai Juara 3 untuk kategori Oral Presentation, Prof Ilyas Award.

Hal ini menjadi pencapaian yang membanggakan dikarenakan Refa menjadi satu-satunya pemenang dengan latar belakang mahasiswa di antara para finalis lainnya.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari orang terdekat dan pihak kampus, Refa percaya diri untuk mencoba dan berhasil menjuarai kompetisi yang sudah diimpikan sejak awal pandemi ini” ujar dokter muda ini.

Refa memaparkan kompetisi ini merupakan salah satu ­bucket list-nya sejak tahun 2020 disebabkan pada tahun tersebut berkeinginan untuk mendaftar namun terkendala dengan penelitian yang tak kunjung rampung akibat pandemi.

Ia bertekad untuk menjuarai kompetisi yang dalam rangkaiannya juga menjadi ajang temu ilmiah bagi mahasiswa kedokteran, tenaga kesehatan, dokter umum, dan spesialis paru se-Indonesia ini.

Pada gelaran tahun ini, Refa berani merombak penelitiannya dengan mengusung metode literature review yang mengkaji potensi senyawa Quercetin yang umumnya terkandung dalam buah dan sayur sebagai salah satu bentuk suplementasi dalam tatalaksana kanker paru.

Ia berharap karyanya ini dapat dikembangkan untuk diuji secara klinis dan dalam jangka panjang dapat dimanfaatkan secara lebih luas, semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya di lingkungan Universitas Andalas untuk terus berkarya dan berprestasi.(*)

 

Humas dan Protokol UNAND