Padang (UNAND) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas kembali meraih Juara 1 pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Andalas yang dilaksanakan pada Senin (10/4).

Rahmadini Aulia, mahasiswi Program Studi Kedokteran, berhasil meraih Juara 1 di bawah bimbingan dr. Rauza Sukma Rita, Ph.D, Dr. dr. Efrida, M.Kes, Sp. PK(K), dan Dr. dr. Daan Khambri, Sp. B(K) - Onk, M.Kes, setelah berhasil mengungguli 12 peserta lainnya dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas.

Lalu, juara kedua, diraih oleh Rezza Fiqrathul Putra dari Fakultas Teknik dan Juara ketiga diraih oleh Ilham Ramadhani dari Fakultas Hukum. Selanjutnya pemenang Pilmapres Tingkat Universitas Andalas, Rahmadini Aulia, akan melanjutkan seleksi Pilmapres Tingkat Wilayah.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmy, S.TP, MP, Ph.D Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya.

“Pada tahun ini, Pilmapres bagi peserta Program Sarjana mengalami perubahan, yaitu menyinergikan asesmen berbagai kemampuan yang diperlukan di masyarakat,” ungkapnya.

Khandra menyampaikan penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Mahasiswa, sebagai talenta calon pemimpin bangsa, tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga dua unsur yang menyempurnakan kinerja di kehidupan masyarakat, yaitu hard skills dan soft skills, karena sinergi di antara keduanya sangat diperlukan.

“Kehadiran pengembangan teknologi yang demikian cepat mendorong para lulusan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan, bersemangat untuk belajar sepanjang hayat, dan memiliki kepedulian terhadap pembangunan yang berkelanjutan,” tambah Khandra.

Ia terus memberikan motivasi untuk bisa berpartisipasi pada Pilmapres tahun ini, karena tahun 2021 Universitas Andalas pernah menjadi juara 1 Pilmapres yakni Refa Rahmaddiansyah.(*)

Humas dan Protokol UNAND