Padang (UNAND) - Agenda tahunan mahasiswa departemen Hubungan Internasional (HI) Universitas Andalas (UNAND) yaitu Andalas International Relations Fair (AIReF) resmi dimulai pada Senin (18/9). Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tahun ini menyasar siswa dan mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan  di bidang yang berkaitan langsung dengan dunia internasional, melalui berbagai kompetisi seperti debat bahasa inggris, speech atau lomba pidato, short diplomatic course, studium generale, hingga kompetisi band.  

Kompetisi yang tahun ini bertemakan “Post Pandemic Era: Growing With The Environment” merupakan sebuah bentuk upaya partisipasi dari semua orang yang terlibat dalam berbagai isu hubungan internasional, baik di level internasional maupun di level nasional atau domestik. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Departemen HI, Apriwan Ph.D, pada acara opening ceremony AIReF yang digelar di Aula Kantor Gubernur Sumatra Barat. 

“Melalui kegiatan ini kami juga mau mensosialisasikan bahwa departemen HI dapat membantu memberikan kontribusi dalam konteks pembangunan, yang bisa berangkat dari kontribusi disiplin kami. Jadi di HI kami tidak melulu bicara isu internasional, tapi kami juga mendesain kurikulum dimana HI bisa bicara persoalan lokal/nasional,” ujarnya. 

Beliau juga menjelaskan, bahwa Departemen HI sudah mendesain kurikulum yang tidak “melulu” bicara soal isu internasional, namun juga isu-isu nasional dan daerah yang juga punya peran yang tidak kalah pentingnya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Kerja Sama Pemko Padang menilai, kegiatan yang diusung oleh mahasiswa Departemen HI ini merupakan sebuah kebanggaan, karena kegiatan ini sangat lekat dengan pengasahan kompetensi atau skill berbahasa asing. 

“Kami bangga dengan departemen ini, karena UNAND selangkah lebih maju dalam penguasaan bahasa asing di anak-anak kita. Bisa dilihat dari perlombaannya, ada debat bahasa inggris, pidato bahasa inggris, dan lain-lain,” ucapnya. 

Sebagai pihak pemerintah, ia berharap ke depannya dapat terbangun lagi sinergitas antara perguruan tinggi dengan Pemerintah Kota Padang, baik dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan hal-hal yang berkaitan dengan kemahasiswaan, misalnya pelaksanaan magang/PKL. 

Selain kompetisi dan kuliah umum, AIReF tahun ini juga dimeriahkan dengan diadakannya expo yang berlangsung di pelataran Auditorium UNAND Kampus Limau Manis Padang.