Padang (UNAND) – Senat Akademik Universitas (SAU) Universitas Andalas menetapkan tiga calon rektor periode 2023-2028, setelah melakukan tahap penyaringan yang selanjutnya melaju ke tahap pemilihan dan pelantikan oleh Majelis Wali Amanat (MWA). 

Berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis pada Rabu (18/10) yang juga dihadiri Panelis Prof. Dr. dr. Fasli Jalal, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, Waka MWA Prof. Werry Darta Taifur, Ketua Panitia Pilrek Prof. Febrin Anas Ismail dan anggota SAU.

Ketua SAU Universitas Andalas Prof. Syafrizal sy mengapresiasi kepada 12 Bacalon yang telah mewakafkan dirinya, dan memikirkan terkait apa yang belum dicapai serta yang dibutuhkan kampus ke depan agar mendapat pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Menurutnya, memilih satu diantara kedua belas bakal calon (bacalon) rektor sangatlah berat karena semuanya bagus-bagus. “Kalaupun mau dipilih semuanya tidaklah mungkin karena dalam aturannya one man one vote,” ujar Guru Besar Matematika FMIPA ini.

Namun demikian, ia yakin hingga saat ini suasana pilrek sangat kondusif aman dan tentram. Prof. Syafrizal juga melihat ada sebuah kemajuan dalam proses pilrek ini, salah satunya bacalon tidak mesti mendaftarkan diri secara langsung karena tidak berkesempatan hadir dalam rentang waktu yang ditetapkan panitia tetapi bisa diwakilkan.

Dalam hal ini, dikatakannya dari total 69 orang anggota SAU sebanyak 62 orang menggunakan hak suaranya, karena lima anggota SAU ikut sebagai bacalon dan dua tidak hadir. "Jadi ada tujuh (7) anggota senat yang tidak bisa menggunakan hak suaranya," tambahnya.

Ia juga mengimbau siapapun yang terpilih nanti sebagai rektor mari dukung bersama-sama, bagaiamana Universitas Andalas 5 tahun ke depan dapat dipandang dalam dunia pendidikan terutama di tingkat nasional maupun internasional.

Berikut hasil penyaringan di tingkat SAU :

  1. Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D (13 suara)
  2. Dr. Efa Yonnedi, Akt (11 suara)
  3. Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D (10 suara)
  4. Dr. Munzir Busniah, M. Si (7 suara)
  5. Ir. Insannul Kamil, Ph. D IPM, ASEAN Eng (5 suara)
  6. Dr. Ing Uyung Gatot, ST, MT (4 suara)
  7. Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi (4 suara)
  8. Dr. Charles Simabura, SH, MH (3 suara)
  9. Prof. Ir. Novizar, M.Si (3 suara)
  10. Prof. Dr. dr. Afriwardi, Sp. KO, MA (2 suara)
  11. Dr. Ir. Feri Arlius, MSc (0 suara)
  12. Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph. D (0 suara)

Adapun ketiga calon rektor yang terpilih akan diserahkan kepada MWA yakni Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D, Dr. Efa Yonnedi, Akt, dan Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D. Ia menambahkan ketiga calon rektor ini akan dilakukan pemilihan oleh MWA pada 31 Oktober 2023, sedangkan pelantikan rektor oleh MWA pada 24 November 2023 mendatang.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik