Padang (UNAND) - Universitas Andalas mengirim sepuluh tim untuk berkompetisi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023 yang akan berlangsung di Universitas Padjajaran, 26 November - 1 Desember 2023. 

Sepuluh tim tersebut merupakan mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta (PKM-KC), Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), Riset Eksakta (PKM-RE), dan Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

“Kesepuluh ini merupakan tim yang berhasil melaju ke tingkat nasional dari total 115 proposal yang didanai,” ujar Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmi, Ph. D saat pelepasan kontingen pada Kamis (23/11) di Gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa.

Dikatakannya, PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Adapun kesepuluh tim tersebut yakni

  1. Andre Kurniawan, Alat Pendeteksi Dini Retinopati Diabetik Menggunakan Machine Learning Terintegrrasi Internet of Things (PKM-KC) Dosen Pendamping M. Ilhamdi Rusydi.
  2. Qolbi Al Zikri, Melanospy : Sistem Deteksi Dini Melanoma Maligma dengan Metode Transfer Learning dan Depth Estimation Terintegrasi IoT (PKM-KC) Dosen Pendamping M. Ilhamdi Rusydi.
  3. Dede Ismail, ARUNIKA : Media Ajar Interaktif Mengenai Angka dan Huruf untuk Siswa Tunagrahita SLBN 1 Padang (PKM-KC) Dosen Pendamping M. Ilhamdi Rusydi.
  4. Anes Putri Bahari, Inovasi Antionkogenik Nanopartikel Emas Fraksi Kurkuminoid Kunyit (Curcuma Longa) terhadap Ekspresi E6 HPV Sel Hela : Studi In Vitro dan Molekuler (PKM-RE) Dosen Pendamping Dessy Arisanty.
  5. Fajri Rahendra Pratama, Potensi Eugenol Fraksi Etil Asetat Bunga Cengkeh Terhadap Proliferasi Sel Kanker Serviks (PKM-RE) Dosen Pendamping Dessy Arisanty.
  6. Intan Pratiwi Riani, Analisis Nilai Conformity Index, Homogeneity Index dan Normal Tissue Integral Dose pada Pasien Kanker Glioblastoma Berdasarkan Hasil Treatment Planning System (PKM-RE) Dosen Pendamping Rico Adrial.
  7. Jasmin Ayla Fitri Daulay, Uji Aktivitas Antikanker Senyawa Aktif Tanaman Sirsak Terhadap Kultur Sel Hela Kanker (PKM-RE) Dosen Pendamping Rauza Sukma Rita
  8. Nadya Ayuni Khairunnisa, Penentuan Aktivitas Antioksidan Total Senyawa Quersitin dan Karakterisasi Profil Lipid serta Protein Campuran VCO Probiotik Madu dan Kayu Manis (PKM-RE) Dosen Pendamping Sumaryati Syukur
  9. Nur Syarifatun Nisa, Inovasi Formula Gel Ekstrak Jahe Merah dengan Sistem Penghantaran Niosom sebagai Antinflamasi pada Nyeri Sendi Osteortheritis (PKM-RE) Dosen Pendamping Henny Lucida
  10. Farel Andeni, Analisis Pengaruh Pelarangan Ekspor dan Pajak Ekspor Tembaga di Indonesia dengan GTAP Model (PKM-RSH) Dosen Pendamping Putri Ayu.

Melalui PIMNAS ini, diharapkannya mahasiswa lebih dapat menunjukkan level tertinggi kreativitas, kemanfaatan produk intelektualnya dan dapat berdiskusi secara terbuka antar mahasiswa dan para ahli di bidangnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, Akt mengatakan berhasil lolos di PIMNAS merupakan hasil dari proses yang Panjang. “Ini menjadi bukti dari 43 mahasiswa yang tergabung dalam 10 tim PKM Universitas Andalas merupakan orang-orang terpilih diantara ribuan mahasiswa yang mengikuti PIMNAS,” ujarnya.

Dikatakannya, jadikan ajang ini sebagai wadah untuk menggali potensi. Jangan terbebani emas, perunggu dan yang lainnya. “Ikutilah dengan enjoy sehingga potensi terbaik akan keluar saat mengikuti ajang tersebut,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan dan semangat juang dengan optimal. “Selamat berkompetisi, semoga mendapatkan hasil terbaik dan mengharumkan nama baik Universitas Andalas,” ucapnya.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik