Padang (UNAND) – Universitas Andalas menerima kunjungan benchmarking dari humas Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau pada Jumat (1/12) di Ruang Rapat Pimpinan Kampus Limau Manis.

Kepala Seksi (Kasi) Layanan Informasi Publik Rina Kurnia, S. Kom menyambut baik kunjungan dari UIN Suska Riau untuk saling berbagi informasi serta bagaimana menyajikan informasi publik dengan baik.

Rina menyampaikan peran humas saat ini tidak hanya untuk memberikan informasi tetapi harus mampu membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dikatakannya, tugas humas cukup menantang, selain membangun komunikasi internal juga membangun citra dan layanan yang baik kepada publik. "Bagaimana identitas branding tergantung di humas,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan humas disebuah institusi perguruan tinggi harus menjadi etalase dan jendela informasi baik kepada warga kampus maupun kepada stakeholder dan masyarakat.

“Selain itu, humas juga harus mampu melihat cara pandang berita dari sisi masyarakat sehingga berita yang disampaikan bersifat dua arah,” pungkas Rina.

Disamping memaksimalkan informasi melalui berita yang ada di situs resmi dan berbgai akun social media, Universitas Andalas juga berusaha untuk memaksimalkan penggunaan platform multimedia lain seperti akun youtube.

Tidak hanya membahas mengenai kehumasan, Rina juga menyampaikan terkait Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Universitas Andalas. Ia berharap pertemuan ini nantinya bisa menjadi sumber ilmu baru yang bisa diaplikasikan di universitas masing-masing.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Humas UIN Suska Riau Amiruddin, S. Ag mengatakan kedatangannya dalam rangka benchmarking bertujuan untuk silaturahmi dan belajar dengan Universitas Andalas.

“Kami berharap apa yang kami lakukan dapat membawa dampak positif bagi UIN Suska Riau dan bagi Humas khususnya,” ujarnya. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik