Padang (UNAND) – Universitas Andalas menerima kunjungan dua sekolah, dari SMAN 1 Bangkinang Kota dan SMAN 1 Kota Payakumbuh dengan total hampir 500 siswa-siswi dalam rangka pengenalan profil kampus Universitas Andalas (UNAND) serta sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Auditorium UNAND Kampus Limau Manis, pada Jumat (05/1) yang disambut langsung Kepala Subdit Administrasi, Data dan Informasi Pendidikan Asrul Ikhya, S. AP, M.A.

“Alhamdulillah kita Universitas Andalas kembali meraih akreditasi ”Unggul” pada 5 Desember 2023 lalu untuk lima tahun mendatang, sehingga ini menjadi motivasi dan semangat kami untuk terus berprestasi,” ujarnya.

Wakil Rektor IV Henmaidi, P.hD menyampaikan bahwa UNAND ini dibangun oleh Bung Hatta di Pulau Sumatera untuk kejayaan bangsa. “Beban untuk kejayaan bangsa tidak mungkin kami yang menanggung sendiri akan tetapi bisa kita bangun secara bersama-sama untuk kebaikan putra-putri terbaik bangsa khususnya di Sumatera Barat ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa UNAND berhasil meraih enam penghargaan dari Dikti Ristek, serta merupakan salah satu perguruan tinggi dengan perolehan HAKI terbanyak.

“Dalam hal penelitian UNAND dalam tiga tahun berturut-turut mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan paten terbanyak di Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan harapan kepada siswa/i untuk terus membangun impian. “Bangunlah impian, siapkan diri dan pantaskan diri, kuatkan ilmu pengetahuan dan budi pekerti dalam menjawab Indonesia emas tahun 2045 mendatang,” ucapnya.

Kepala SMAN 1 Payakumbuh Drs. Erwin Satriadi, M.Pd mengucapkan terima kasih karena telah mendapatkan informasi yang akurat secara langsung dari pihak UNAND sehingga siswa/i memiliki minat yang kuat untuk bisa kuliah di UNAND.

“Anak-anak kita juga berminat untuk melanjutkan studi bukan hanya kampus yang di Padang, tapi juga kampus yang ada di Dharmasraya dan Payakumbuh,” terangnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa Wakil Rektor IV yang baru memberi sambutan juga merupakan alumni dari SMAN 1 Payakumbuh. Sedangkan ketua LPPM UNAND Prof. Marzuki yang merupakan alumni dari SMAN 1 Bangkinang Kota, merupakan alumni yang ikut andil dalam menjalani roda kepemimpinan di UNAND. 

“Dengan adanya alumni yang sukses menjadi dosen dan menjabat di UNAND menjadi motivasi bagi siswa/i untuk menjadi lebih, misalnya menjadi Rektor atau Wakil Rektor nantinya,” pungkasnya.

Pemaparan materi disampaikan oleh Dr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc tentang profil UNAND dan pengenalan kehidupan kampus. 

“Dengan kehadiran kunjungan siswa-siswi semua ke kampus Universitas Andalas ini, maka menjadi salah satu langkah agar bisa mengenal lebih dekat, sehingga ke depan lebih gigih lagi dalam belajar dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi demi menggapai cita-cita,” ujar Dr. Tesri.

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik