Padang (UNAND) – Universitas Andalas mewisuda 466 wisudawan dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister hingga Doktoral pada Sabtu (13/1).

Berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis yang sekaligus pemberian penghargaan kepada Lulusan Terbaik, Mahasiswa Berprestasi, dan Bintang Aktivis Kampus Bereputasi dari berbagai fakultas.

Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt mengungkapkan hari ini bukan hanya sekedar merayakan pencapaian akademis semata, tetapi juga selebrasi atas perjalanan yang penuh dedikasi, kesabaran, dan tekad kuat.

“Keberhasilan yang diraih hari ini adalah buah dari kerja keras, kedisiplinan, dan semangat belajar yang terus menerus,” sambungnya.

Dikatakannya, wisuda ini merupakan awal yang baru, sebuah pintu gerbang yang membuka kesempatan yang terbentang di depan. “Sebagai lulusan Universitas Andalas, Anda telah diberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang kuat, namun perjalanan belum selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut, rektor menuturkan ini adalah awal dari perjalanan baru menuju dunia yang sebenarnya, di mana akan berkecimpung di dunia nyata menerapkan semua yang telah dipelajari.

Ia juga menekankan dunia yang dihadapi adalah lingkungan yang dinamis dan penuh dengan perubahan. “Sebagai lulusan, mesti harus memiliki tanggung jawab besar untuk menghadapi perubahan ini dengan semangat inovasi, keberanian, dan tekad untuk terus belajar,” sebutnya.

Dikatakannya, Universitas Andalas telah berusaha keras untuk memberikan fondasi yang kuat, namun, kemampuan untuk terus berkembang dan beradaptasi tetaplah sangat menentukan.

Di dunia kerja yang kompetitif ini, ia berharap kepada seluruh wisudawan untuk tidak hanya menjadi profesional yang terampil di bidang sendiri, tetapi juga menjadi individu yang dapat berkolaborasi, berpikir kreatif, dan memimpin dengan integritas. (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik