Padang (UNAND) - Datang jauh dari Kabupaten Bengkalis Riau, siswa-siswi SMA Swasta Cendana Mandau menyempatkan diri berkunjung ke Universitas Andalas, untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kehidupan kampus, pada Jumat (14/10).

Kedatangan sebanyak lebih dari seratus siswa didampingi kepala sekolah dan majelis guru tersebut, disambut oleh pihak Universitas Andalas di ruang rapat Auditorium Unand Kampus Limau Manis, Padang. Kunjungan ini disebut sebagai kunjungan SMA luar Sumatera Barat pertama yang UNAND terima pada tahun ini.

Disampaikan oleh Kepala SMA Cendana Mandau, Dr. Bambang Kariyawan Ys., M.Pd, tahun 2022 ini, SMA Cendana Mandau berhasil mengirimkan tujuh orang siswanya untuk  berkuliah di Universitas Andalas dan menjadi total terbanyak yang pernah tercatat dalam sejarah sekolah tersebut.

“Sekolah kami adalah sekolah yang terbuka, tidak ada tes masuk, semua kami terima, dengan memiliki beragam latar belakang dan kecerdasan yang pada akhirnya esensi pendidikan didapat dan dirasakan merata,” ujar Kepala Sekolah.

Ditambahkannya sebagai SMA terbaik peringkat ke-6 di Provinsi Riau, Kepala Sekolah mengatakan orientasi lulusan sekolahnya adalah untuk berkuliah, atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan kunjungan ini dilaksanakan dengan harapan agar motivasi berkuliah siswa-siswi, terutama di Universitas Andalas menjadi lebih meningkat.

Sementara itu, Sekretaris Departemen Hubungan Internasional, Dr. Muhammad Yusra.

Memaparkan terkait Universitas Andalas, mulai dari ragam fakultas dan jurusan, fasilitas, akreditasi, hingga jalur penerimaan mahasiswa baru, melalui penyampaian materi dan penayangan video.

Dijelaskan pula bagaimana pandangan salah terhadap jurusan-jurusan yang dianggap favorit atau non favorit, dan bagaimana siswa seharusnya menanggapi hal tersebut dalam pemilihan jurusan untuk berkuliah.

“Tidak ada jurusan favorit. Semua jurusan favorit bagi mahasiswanya masing masing-masing. Parameter keren atau tidaknya suatu jurusan adalah diri sendiri,” ujarnya.

Ditekankannya setiap jurusan memiliki perannya masing-masing di kehidupan, dan semuanya sama pentingnya, tidak ada jurusan favorit, namun yang ada hanya perbedaan keketatan pada penerimaan mahasiswa baru tiap jurusan.

Selain tanya jawab mengenai perkuliahan, siswa-siswi juga diperkenankan berkeliling di UNAND untuk mengetahui lebih banyak tentang kampus tertua di luar Pulau Jawa ini.(*)

Humas dan Protokol UNAND