Padang (Unand) –  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengandeng Universitas Andalas dalam proses rekrutmen, magang dan pengembangan sumber daya manusia diinstansinya. Kerjasama in tertuang dalam Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara BPJS Kesehatan dengan Universitas Andalas tentang rekrutmen, magang dan pengembangan sumber daya manusia pada Kamis (22/9) di Ruang Rapat Senat Lantai IV Kampus Unand Limau Manis.

Dokumen MoU ini ditandatangani langsung oleh Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, dr. Afdal, MBA, AAK dan Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH. Pada acara ini turut hadir Deputi Direksi Bidang Manajemen SDM dan Revolusi Mental, Depdirbid MSDM,  Asdep Rekinta beserta Senior Leader dari BPJS Kesehatan, Wakil Rekor IV, Direktur Kerjasama dan Hilirisasi riset, Dekan, Wakil Dekan dan jajaran pimpinan dilingkungan Universitas Andalas, mahasiswa dan alumni fresh graduate.

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan Universitas Andalas. Kerjasama ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBMK) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Banyak hal nanti yang bisa kita perbuat dengan kerjasama ini, hal terbaru saat ini program praktisi mengajar. Melalui program ini kita berharap para pimpinan dari BPJS kesehatan dapat memberikan ilmu praktis dan pengalaman kerja mereka kepada mahasiswa, sehingga wawasan ini menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri di dunia kerja.  Selain itu, hal terpenting lainnya adalah magang kerja (magang bersertifikat) yang juga saat in gencar dilakukan agar bisa segera bisa dibersamain. 

“Untuk peningkatan SDM dari karyawan dan manajemen BPJS yang ingin melanjutkan studi sangat terbuka bisa dilakukan di Universitas Andalas. Kita akan siapkan mekanisme dan segala keperluanya. Saya optimis banyak hal akan bisa kita kerjakan bersama dengan BPJS Kesehatan”jelas Yuliandri.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, dr. Afdal, MBA, AAk menjelaskan penerapan magang di BPJS dilakukan melalui dua cara yaitu pertama magang kampus merdeka yaitu magang reguler yang dilaksanakan BPJS bekerjasama dengan perguruan tinggi. Kedua yakni magang internal BPJS yang diperuntukan bagi mahasiswa semester akhir dan alumni fresh graduate. Kegiatan magang in dilakukan BPJS untuk memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa dan alumni yang baru tamat untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. Bagi yang bagus akan diterima dan dijadikan karyawan di BPJS Kesehatan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa setiap tahun yang mendaftar magang ke BPJS Kesehatan sampai 10.000 orang. Ini menujukan bahwa minat bekerja di BPJS kesehatan cukup tinggi. Pada kesempatan ini kita akan menyampaikan  informasi terkait kesempatan berkarir di BPJS Kesehatan. 

“Sebanyak 345 orang Alumni Unand telah bekerja di BPJS Kesehatan. 2 orang di antaranya telah menduduki posisi sebagai manager dan posisi-posisi stategis lainnya. Contohnya saat ini kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang juga merupakanalumni Fakultas Farmasi Unand. In tentu semakin memotivasi adik-adik mahasiswa dan alumni untuk bekerja di BPJS Kesehatan”jelasnya.

Andi berharap kerjasama ini terus dapat dikembangkan pada bidang-bidang lainnya. Sehingga kerjasama in dapat dirasakan manfaatnya oleh kedua institusi.

Humas dan Protokol Unand