Padang (UNAND) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas genap berusia 30 tahun atau lustrum keenam dengan menggelar rapat senat terbuka pada Kamis (11/5) di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis.

Dekan FISIP Universitas Andalas Dr. Azwar, M. Si mengemukakan melalui momentum 30 tahun ini, FISIP masih berusaha untuk mengejar ketertinggalan berapa aspek dalam bidang pendidikan mulai dari aspek sumber daya sampai kepada bidang akademik.

“Sebagaimana dalam rencana strategis FISIP pada milestone tahun 2030 menjadi fakultas yang unggul dalam kajian bidang ilmu social,” ungkapnya. Dalam mewujudkan ini, dikatakannya tentu upaya yang telah dan sedang dilakukan dengan membangun sarana dan prasarana termasuk mengalokasikan dana untuk riset-riset dan publikasi bagi dosen.

“Upaya tersebut sudah mulai terlihat bahwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas menjadi pusat kepakaran bidang ilmu sosial dan ilmu politik dengan keterlibatan dan narasumber dari Prof. Dr. Afrizal, MA dan Prof. Dr. Asrinaldi, M. Si pada kajian konflik dan kajian politik tingkat lokal dan nasional serta internasional,” terangnya.

Disampaikannya, tentu FISIP akan mendorong lebih banyak dosen lagi menjadi referensi dan narasumber setiap kajian sosial dan politik di Indonesia. “Agar FISIP selalu diperhitungkan dalam kebijakan dan kajian-kajian yang dilakukan pada level lokal, nasional dan internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dekan Azwar menyampaikan prinsip yang selalu dikedepankan adalah membangun kolaborasi dan kebersamaan semua ekspektasi dari sebuah tujuan akan bisa diwujudkan.

“Semoga kemajuan yang sudah diperoleh sampai hari ini, FISIP bisa lebih maju lagi ke depannya sesuai dengan standar kemajuan yang selalu mengalami perubahan yang juga tidak bisa diestimasi kapan kebijakan perubahan tersebut akan terjadi,” harapnya.

Ia menekankan FISIP akan selalu siap menghadapi perubahan yang cepat tersebut walaupun mengalami sedikit resistensi.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D mengucapkan selamat memperingati Lustrum keenam FISIP, dengan usia tersebut tentu sudah banyak capaian dan hasil yang sudah dihasilkan serta juga peran serta kontribusi baik akademik dan non akademik.

“Pencapaian ini menjadi titik balik untuk berubah lebih cepat sehingga menyadari sedang berada pada lampu merah peradaban baru,” ujarnya. Ia yakin FISIP sedang memantaskan diri untuk memberi warna dominan terhadap perubahan yang terjadi hari ini.(*)

Humas dan Protokol UNAND