Padang (UNAND) – Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas siap menerima mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Sarjana Arsitektur.

Hal itu, disampaikan langsung oleh Dekan FT Universitas Andalas Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D saat acara puncak perayaan Dies Natalis ke 38 tahun di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis pada Selasa (16/5).

Disampaikannya, kemarin sudah menerima Surat Keputusan (SK) untuk pembukaan Prodi Sarjana Arsitektur ini. Prof. Ikhwana sangat bersyukur karena puluhan tahun berusaha untuk membuka Prodi dan akhirnya tahun ini berhasil menerima mahasiswa baru angkatan pertamanya.

“Penerimaan mahasiswa baru untuk Arsitektur ini baru bisa menerima melalui jalur Seleksi Masuk (SIMA), dikarenakan untuk jalur SNBP dan SNBT sudah lewat pelaksanaanya,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kabar gembira terkait bahwa bulan ini pembangunan lanjutan Teknik Industri dan Teknik Lingkungan (TI TL) sudah ditenderkan rencananya Juni akan dilakukan tanda tangan kontrak.

“Direncanakan akhir tahun atau awal tahun depan gedung baru ini sudah bisa digunakan,” sambungnya.

Kemudian, dekan juga mengungkapkan diusia 38 tahun ini FT Universitas Andalas terus mengembangkan diri dibuktikan dengan beberapa waktu lalu telah menerima hasil akreditasi Prodi Teknik Sipil Predikat Unggul melengkapi empat Prodi Sarjana lainnya yang lebihi dulu telah meraih predikat Unggul.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri yakin dan percaya perjalanan dan perkembangan teknik dari waktu ke waktu, baik itu pengembangan fisik maupun non fisik.

Salah satunya, kelanjutan pembangunan TI TL, diakuinya awal tahun 2022 telah mengusulkan ke Kementerian termasuk Kementerian PUPR ada bangunan-bangunan mangkrak yang sudah berumur di atas lima tahun.

Disampaikannya ada beberapa gedung yang diusulkan ke kementerian, namun yang diterima Gedung TITL dan Juni ini akan ditandatangani kontraknya.

Rektor sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada Fakultas Teknik, karena memang sebelumnya dalam pembukaan Prodi punya proses panjang tetapi setelah berstatus PTNBH tidak perlu lagi meminta pertimbangan kepada Direktorat kelembagaan.

Untuk Prodi Arsitektur ini akan menerima mahasiswa baru, di samping itu juga akan ada satu Prodi baru sebelum akhir bulan ini yakni Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan baru bisa menerima melalui jalur SIMA.

Sima bukan mandiri, karena di sana ada beberapa jenis, salah satunya jalur Prestasi Unggul baik itu dibidang seni, olahraga dan keagamaan, kalau lolos mahasiswa tidak perlu membayar PI hanya membayar UKT.(*)

Humas dan Protokol UNAND